Gojek dan PT KCI Kolaborasi, Bisa Pesan Tiket Kereta di Aplikasi Gojek

Jumat, 12 November 2021 | 13:00
Dok. Gojek

Gojek kolaborasi dengan PT KCI

CERDASBELANJA.ID – Gojek berkolaborasi dengan PT Kereta Commuter Indonesia (PT KCI) dalam mengintegrasikan tiket KRL dengan layanan on-demand, untuk solusi perjalanan secara menyeluruh.

Kolaborasi strategis ini merupakan perwujudan dari visi kedua perusahaan mempermudah penggunaan transportasi publik.

Di dalam kolaborasi strategis ini, Gojek dan PT KCI akan mengembangkan fitur di dalam GoTransit yang akan memungkinkan pengguna memesan layanan transportasi Gojek (GoRide dan GoCar) ke dan dari stasiun komuter.

Tidak hanya itu, pengguna juga bisa memesan tiket kereta komuter langsung dari aplikasi Gojek hanya dalam satu kali bundle pembelian.

Integrasi ini, ditargetkan dapat dinikmati oleh pengguna pada awal tahun 2022. Nantinya pengguna dapat melakukan pembayaran dengan menggunakan GoPay, atau opsi lain seperti LinkAja.

Melalui kolaborasi ini, GoTransit dapat memberikan layanan dan perencanaan perjalanan yang lebih efisien lagi.

Baca Juga: Gojek Gelontorkan Dana Senilai Rp1 Triliun Selama Masa Pandemi untuk Dukung Mitra UMKM dan Driver Bertahan dan Bangkit Bersama

Pasalnya, GoTransit memungkinkan pengguna untuk memantau perjalanan melalui rekomendasi rute terintegrasi, membandingkan harga moda transportasi publik sesuai kebutuhan, memilih rute perjalanan paling efisien, memberikan estimasi waktu total perjalanan, serta jadwal operasional transportasi publik.

Co-Founder dan CEO Gojek Kevin Aluwi mengatakan, kolaborasi dengan PT KCI ini merupakan langkah awal Gojek untuk bisa menghubungkan transportasi publik (middle mile) ke dalam ekosistem Gojek.

Berdasarkan data internal Gojek, sebagian besar pelanggan memanfaatkan layanan GoRide dan GoCar sebagai sarana penghubung awal dan akhir perjalanan (first-mile-last-mile) untuk menuju dan dari stasiun kereta api komuter di Jabodetabek.

“Hal ini, menunjukkan kehadiran layanan GoRide dan GoCar telah menjadi bagian penting yang melengkapi transportasi publik, guna memenuhi kebutuhan mobilitas masyarakat di wilayah urban seperti Jabodetabek,” ujar Kevin dalam keterangannya, Rabu (10/11).

Pernyataan Kevin tersebut, diperkuat dengan data internal Gojek yang menyatakan 1 dari 2 pelanggan Gojek aktif menggunakan layanan Gojek dari atau menuju hub transportasi.

Sebanyak 11 lokasi stasiun KRL Commuter Line dan Kereta Jarak Jauh juga menjadi titik berangkat dan tujuan yang paling sering dipesan pengguna layanan GoRide di Jabodetabek. Bahkan apabila dibandingkan dengan lokasi lain seperti pusat perbelanjaan, restoran, ataupun toko.

Baca Juga: Gojek Kerja Sama dengan Gogoro, Hadirkan Uji Coba Kendaraan Listrik

“Kolaborasi strategis dengan PT KCI ini, merupakan solusi jitu untuk semakin memudahkan masyarakat bepergian dan akan terintegrasi secepatnya di fitur GoTransit,” lanjut Kevin.

Sejalan dengan Gojek, PT KCI terus mendorong integrasi antarmoda transportasi publik untuk meningkatkan kenyamanan pengguna transportasi publik. Termasuk kemudahan masyarakat berpindah antar moda.

Direktur Utama PT Kereta Commuter Indonesia Roppiq Lutzfi Azhar mengatakan, pihaknya membangun kolaborasi bersama Gojek yang sejalan dengan fokus KCI untuk memudahkan masyarakat menjangkau stasiun kereta.

Layanan GoRide dan GoCar, menjawab tantangan terkait simpul-simpul transportasi publik yang kadang masih sulit untuk dijangkau masyarakat.

Menurut Roppiq, kerja sama strategis ini merupakan upaya bersama untuk memaksimalkan integrasi antarmoda, sehingga para pengguna dapat melakukan perjalanan dengan mudah, tuntas, dengan minim kendaraan pribadi.

“Hal ini, sejalan dengan fokus kami untuk meningkatkan minat masyarakat urban menggunakan transportasi publik,” ujarnya.

Baca Juga: Makin Untung, Kini Pengguna Gojek dan Tokopedia Bisa Sambung Akun dan Dapat Gopay Coins!

Ada lebih dari 70% milenial yang saat ini bergabung dengan KAI Commuter, kerja sama dengan Gojek melalui layanan GoTransit ini diharapkan dapat membuahkan inovasi dalam pelayanan masyarakat, khususnya pengguna Commuterline.

“Kami mengapresiasi kerja sama ini, selain memudahkan akses layanan, kolaborasi ini juga bisa menularkan penggunaan teknologi terkini dalam pengembangan layanan transportasi publik ke depan,” lanjut Roppiq.

Sejak 2020, Gojek juga telah bekerja sama bersama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Kementerian BUMN, dan Kementerian Perhubungan. Kerja sama ini, dilakukan untuk mengintegrasikan 4 stasiun terpadu di DKI Jakarta dengan menghadirkan layanan GoRide Instan di Stasiun Juanda, Stasiun Sudirman, Stasiun Tanah Abang, dan Stasiun Pasar Senen.

Selain itu, Gojek juga menghadirkan titik jemput di 27 stasiun yang tersebar di Jabodetabek. (*)

Baca Juga: Gojek Hadirkan 3 Inovasi Baru, Lebih Canggih dan Memudahkan Kegiatan

Editor : Presi

Baca Lainnya