Jangan Salah Langkah, Catat 5 Hal Ini Sebelum Pinjam Uang Online

Minggu, 03 Oktober 2021 | 19:00
Kompas.com

Ilustrasi uang.

CERDASBELANJA.ID – Pada masa pandemi ini, tidak sedikit orang yang mengajukan pinjaman online untuk menutup kebutuhan yang mendesak.

Namun, hal yang perlu diperhatikan saat pinjam uang online adalah sumber pinjaman yang digunakan.

Tentunya, akan berbahaya jika sumber pinjaman merupakan fintech ilegal dan tidak diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Baca Juga: Kenali Apa Itu Akulaku? Solusi Baru dan Aman untuk Pinjam Uang Online

Pasalnya, besar kemungkinan data pribadi kita akan disebar dan digunakan untuk hal yang merugikan. Selain itu, kita juga bisa terjerat dengan suku bunga yang tidak masuk akal.

Untuk itu, banyak hal yang perlu diperhatikan sebelum pinjam uang online. Jika salah langkah, bisa-bisa kita yang menanggung semua kerugiannya.

Sebagai pertimbangan, berikut adalah sejumlah hal yang perlu diperhatikan sebelum pinjam uang online.

1. Pastikan Aplikasi Legal

Hal yang perlu diperhatikan sebelum pinjam uang online yang pertama, adalah pastikan aplikasi atau situs yang digunakan sudah legal dan diawasi oleh OJK.

Untuk memeriksa, kita bisa mengunjungi situs web OJK dan memeriksa platform pinjaman mana saja yang tidak resmi.

Pasalnya, OJK sering menerbitkan daftar fintech ilegal di situs webnya. Melalui acuan tersebut, kita bisa memastikan aplikasi yang akan digunakan aman atau tidak.

Baca Juga: Cara Pinjam Uang di Akulaku, Proses Mudah Hanya Modal Ponsel Saja

2. Perhatikan Syarat dan Ketentuan

Hal yang perlu diperhatikan sebelum pinjam uang online yang kedua, adalah perhatikan syarat dan ketentuan yang berlaku saat mengajukan pinjaman.

Pada tahap ini, kita harus membaca syarat dan ketentuan secara terperinci dan teliti. Tanyakan hal yang tidak dimengerti dan jangan terlalu terburu-buru.

Jangan sampai, kita melewatkan hal yang penting dan akhirnya akan merugikan diri sendiri.

3. Perhatikan Kemampuan Membayar Tagihan

Hal yang perlu diperhatikan sebelum pinjam uang online yang ketiga, adalah perhatikan kemampuan finansial dalam membayar tagihan.

Hitung dengan cermat kemampuan kita dalam membayar tagihan pinjaman online. Untuk itu, pinjamlah uang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan.

Jangan meminjam uang berlebihan dan melebihi kapasitas kita dalam membayar tagihan. Hal ini sangat penting, agar kita tidak terjebak dalam utang yang menumpuk.

Baca Juga: 3 Jenis Produk Pinjam Uang Bank BRI, Dijamin Aman dan Terpercaya

4. Bijak dalam Menggunakan Uang

Hal yang perlu diperhatikan sebelum pinjam uang online yang keempat, adalah bijak dalam menggunakan uang pinjaman.

Setelah pinjaman disetujui dan uang diterima, jangan gunakan uang tersebut untuk membeli hal yang tidak perlu. Pastikan untuk menggunakan uang sesuai tujuan utama saat meminjamnya.

Jangan sampai lupa dengan fokus utama dan menghamburkan uang berlebihan. Jangan lupa untuk selalu mencatat pengeluaran dari uang pinjaman tersebut.

5. Tepat Waktu Saat Bayar Tagihan

Hal yang perlu diperhatikan sebelum pinjam uang online yang kelima, adalah pastikan selalu membayar tagihan tepat waktu.

Baca Juga: Cara Dapat Pinjaman Tanpa Agunan PermataBank, Solusi Pinjam Uang dengan Bunga Rendah

Setelah pinjam uang online, tentu kita perlu mengembalikan uang tersebut. Pastikan untuk mengembalikan dana di waktu yang tepat, tidak terlambat, serta sesuai dengan jumlah yang diminta.

Jangan sampai kita mengalami kredit macet dan merugikan diri sendiri ke depannya. Jika perlu, pasang pengingat di kalender saat waktu jatuh tempo telah tiba. (*)

Editor : Yunus

Baca Lainnya