Rayakan Hari Batik Nasional, Facebook Hadirkan Kampanye Indonesiaku

Sabtu, 02 Oktober 2021 | 18:00
iStockphoto

Ilustrasi batik

CERDASBELANJA.ID – Di dalam merayakan hari Batik Nasional pada 2 Oktober 2021, Facebook akan berbagi kisah inspiratif, semangat, serta motivasi dari para pelaku usaha dan komunitas.

Khususnya, mereka yang menggeluti sekaligus melestarikan warisan budaya bangsa, melalui rangkaian kampanye #Indonesiaku.

Kampanye Indonesiaku yang berlangsung selama setahun penuh ini, bertujuan untuk membangun semangat kebersamaan, berbagi motivasi yang baik, serta menyebarkan dampak positif yang mereka ciptakan dengan memanfaatkan platform Facebook, Instagram, dan juga WhatsApp.

Baca Juga: GoTo Ajak Masyarakat Jadikan UMKM Lokal Sebagai Pilihan Utama Melalui 6 Inistiatif Utama Gerakan Bangkit Bersama

Country Director untuk Facebook di Indonesia Pieter Lydian mengatakan, setiap harinya orang-orang hadir di Facebook, Instagram, dan WhatsApp untuk terhubung dengan hal yang mereka sukai dan menciptakan interaksi yang bermakna.

Termasuk menemukan inspirasi, untuk bersama-sama melestarikan warisan budaya bangsa Indonesia.

Menyambut Hari Batik Nasional, Facebook akan menghadirkan beragam kisah dari para pengusaha batik yang dapat menjadi inspirasi bagi orang-orang, agar dapat tampil menarik dengan nuansa batik yang elegan.

“Sepanjang Bulan Oktober ini, Facebook juga akan menampilkan kisah inspiratif mengenai ragam warisan budaya Indonesia lainnya yang juga telah diakui dunia,” ujar Pieter dalam keterangannya, Sabtu (2/10).

Mengawali perayaan Hari Batik Nasional, Facebook melalui Halaman Facebook App Indonesia akan membagikan serial video “Kenalan Dengan” yang menampilkan Rifki Ali Hamidi, pendiri Batik Kertabumi yang berbasis di Yogyakarta.

Menekuni bisnis pakaian batik sejak 2012, perjalanan Rifki untuk mencapai kesuksesan seperti hari ini tidak selalu mulus.

Baca Juga: Cara Dapat Pinjaman Tanpa Agunan PermataBank, Solusi Pinjam Uang dengan Bunga Rendah

Di dalam video “Kenalan Dengan” ini, Rifki berbagi pengalamannya, prinsip dasar dalam berbisnis, serta pesan-pesan penting bagi mereka yang sedang atau akan memulai sebuah usaha.

Temukan pula inspirasi dan kisah di balik motif batik yang menawan, karya para perempuan wirausaha yang tergabung dalam program “Karya Perempuan”.

Program ini, merupakan kolaborasi YCAB dan SheMeansBusiness. Karya-karya batik cantik ini, merupakan karya dari kelompok Den Ayu Trisobo, Batik Sekarwangi, dan Gedangsari.

Mulai dari motif Wayang hingga motif Merak, setiap kain batik ini sarat akan makna dan nilai-nilai filosofis. Para perempuan wirausaha ini, tidak hanya turut menjaga eksistensi batik, tetapi juga menciptakan dampak sosial dan ekonomi yang positif bagi komunitasnya.

Warisan budaya Indonesia yang tak kalah menarik adalah Noken dari Papua. Tas hasil rajutan dari akar dan kulit kayu ini, telah diakui sebagai Warisan Budaya Tak Benda oleh UNESCO sejak tahun 2012.

Tas yang awalnya hanya digunakan untuk membawa hasil bumi, kini menjadi suvenir resmi bagi atlet dan tim yang berpartisipasi dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021.

Baca Juga: IKEA Resmi Buka Toko Keempat di Jakarta Garden City, Bisa Vaksinasi Juga

Simak kisah menarik dari komunitas Noken Papua, melalui serial komik dari Ruang Komunal Indonesia (RuKI).

Ketika orang-orang saling terhubung melalui interaksi yang bermakna, mereka dapat menciptakan hal-hal yang luar biasa.

Facebook hadir, untuk memberikan mereka alat untuk dapat menciptakan perubahan yang positif bagi komunitas dan juga #Indonesiaku (*)

Editor : Yunus

Baca Lainnya