Kesempatan Bagi UMKM, Shopee Kenalkan Kampus UMKM Shopee Ekspor

Sabtu, 02 Oktober 2021 | 22:00
Dok. Shopee

Kampus UMKM Shopee Ekspor di Bandung

CERDASBELANJA.ID – Shopee berkomitmen untuk terus membantu perkembangan UMKM lokal di Indonesia.

Komitmen tersebut, kini diwujudkan salah satunya melalui Kampus UMKM Shopee dan Kampus UMKM Shopee Ekspor.

Inisiatif ini, diawali dengan menghadirkan dua Kampus UMKM Shopee Ekspor di Solo, dan Bandung, serta Kampus UMKM Shopee di Semarang.

Baca Juga: 5 Cara Dapat Koin Shopee Berlimpah yang Wajib Diketahui, Nomor 3 Paling Mudah

Kampus UMKM Shopee Ekspor ketiga juga akan segera menyusul di kota Malang. Kampus ini, diharapkan dapat menjadi one stop solution bagi UMKM lokal, untuk memulai digitalisasi usaha.

Kampus ini, juga diharapkan bisa mengembangkan usaha ke pasar ekspor, melalui serangkai pelatihan, pendampingan, dan berbagai fasilitas penunjang yang disediakan.

Head of Public Affairs Shopee Indonesia Radynal Nataprawira mengatakan, UMKM merupakan bagian tak terpisahkan dari bisnis Shopee.

Oleh karena itu, Shopee menyiapkan Kampus UMKM Shopee dan Kampus UMKM Shopee Ekspor secara serius, serta diberikan akses secara gratis.

Menurut Radynal, potensi UMKM perlu ditingkatkan melalui bimbingan dan pendampingan.

Hal ini, dilakukan agar mampu beradaptasi dengan perubahan pola konsumsi masyarakat yang kini semakin sering berbelanja secara online.

Baca Juga: Shopee dan Gibran Rakabuming Resmikan Kampus UMKM Shopee Ekspor

Tidak hanya tujuan untuk beradaptasi secara umum, Shopee juga mempersiapkan program bagi UMKM untuk ikut mengekspor produknya keluar negeri, lewat Program Ekspor Shopee.

"Kami mendesain program ini dengan baik, agar UMKM lokal mampu ekspor semudah mengirimkan produk di dalam negeri,” ungkap Radynal dalam diskusi virtual, dikutip Sabtu (2/10).

Kampus UMKM Shopee Ekspor, fokus pada empat hal yang dipersiapkan untuk UMKM lokal, di antaranya adalah sebagai berikut.

Fasilitas dalam Kampus Shopee

1. Bantuan Operasional dan Pendaftaran

- Simulasi Gudang: Para pelaku UMKM bisa melihat demonstrasi aktivitas (proses inbound dan outbound) yang perlu diketahui oleh Penjual, untuk memahami proses pengelolaan stok yang baik.

Laptop dan printer di bagian inbound, digunakan untuk memasukkan stok ke dalam sistem serta mencetak barcode, untuk ditempel di produk dan lokasi penyimpanan.

Baca Juga: Asyik! Promo Shopee 10.10, Bayar BPJS Dapat Cashback Hingga 90%

Inventori perlu disimpan secara rapi, dengan produk terpopuler disimpan di tempat yang paling mudah dijangkau. Pada bagian outbound terdapat berbagai peralatan yang biasa digunakan, seperti mesin penimbang, barcode scanner, serta peralatan untuk mengemas pesanan.

- Pusat Ekspor: Dari Pusat Ekspor ini, diharapkan para pelaku UMKM bisa mendapatkan informasi terkait informasi, serta prosedur yang harus dipersiapkan untuk berpartisipasi dalam Program Ekspor Shopee.

Ada juga berbagai produk ekspor dari Solo. Produk ini, diharapkan memberikan inspirasi bagi pelaku UMKM yang ini juga merambah ke pasar global.

2. Pelatihan dan Edukasi

- Pusat Edukasi: Pusat Edukasi, merupakan pusat informasi mengenai cara mulai berjualan di Shopee, serta pusat informasi mengenai jadwal pelatihan yang dapat dipilih oleh Penjual UMKM.

Mulai dari Modul Dasar (Basic), Menengah (Intermediate), hingga Lanjutan (Advanced). Pada Pusat Edukasi ini, tersedia fasilitas seperti laptop dan ponsel agar penjual UMKM dapat memahami fitur di Shopee, serta langsung melakukan pendaftaran.

Baca Juga: Promo Shopee 10.10, Beli Produk Apa Saja Diskon Rp100 Ribu Pakai BNI

3. Fasilitas Penunjang Pemasaran

- Studio Foto: Spot studio foto ini, bisa digunakan oleh para pelaku UMKM untuk mengambil foto produk dengan kualitas yang baik.

Terlebih karena foto produk sangat krusial bagi para pelaku UMKM, untuk memasarkan dagangannya secara online melalui platform Shopee.

Selain pengambilan foto produk secara langsung, para pelaku UMKM juga bisa menggunakan model supaya produknya terlihat lebih menarik.

- Live Streaming Room: Shopee punya fitur yang bisa membantu para penjual memasarkan produknya, dengan meningkatkan interaksi dengan para pembeli secara langsung, Shopee Live.

Spot ini dilengkapi dengan peralatan yang mendukung kegiatan live streaming, supaya produk bisa terlihat lebih menarik. beberapa peralatan pendukungnya, seperti background, tripod, lampu (ring light), bangku, serta meja.

Baca Juga: Alternatif Shopee Pinjam, Begini Cara Mengajukan Pinjaman Modal Shopee Melalui Bank Mandiri, Limitnya Hingga Rp1 Miliar

3. Ruang Pertemuan dan Pelatihan

- Ruangan Pertemuan: Tersedia 4 ruangan yang dapat digunakan untuk pertemuan 1-on-1 antara pelaku UMKM dengan Trainer Shopee.

Trainer Shopee yang didedikasikan untuk memberikan penjelasan, terkait insight bisnis yang bisa membantu para pelaku UMKM untuk meningkatkan performa bisnisnya.

- Ruangan Training: Ruangan training berkapasitas sekitar 30 orang, disediakan bagi para penjual untuk mendapatkan pelatihan dari setiap layanan edukasi yang akan diadakan hampir setiap hari, 6 hari seminggu.

Radynal berharap, kampus ini dapat menjadi trigger bagi UMKM lokal bahwa ada kesempatan untuk bisa mengembangkan usaha melalui platform digital dengan mudah, bahkan produknya pun bisa masuk ke pasar global.

“Semoga dengan seluruh fasilitas yang Shopee hadirkan, target mencapai 500.000 eksportir baru dari Indonesia di tahun 2030 dapat terwujud,” tutup Radynal. (*)

Editor : Yunus

Baca Lainnya