Dukung UKM, Adira Finance dan Kemenparekraf Hadirkan FKL 2021

Sabtu, 04 September 2021 | 18:00
Dok. Adira Finance

Adira FInance dan Kemenparekraf hadirkan FKL 2021

CERDASBELANJA.ID – Adira Finance bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf RI), untuk menggelar Festival Kreatif Lokal (FKL).

Gelaran FKL untuk yang kedua kali ini, mengangkat tema “Tumbuh Bersama Sahabat”. Tema ini, menjadi motivasi agar para pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) tumbuh bersama melalui kolaborasi, dan menunjukkan semangat terus maju.

Festival Kreatif Lokal 2021, akan berlangsung hingga November nanti. Kegiatan yang konsisten diadakan setiap tahun ini, merupakan program Corporate Social Responsibility (CSR) Adira Finance untuk Indonesia.

Baca Juga: Manfaatkan Aplikasi BukuKas, UMKM Kuliner Lokal Dapat Omzet 2x Lipat

Khususnya, untuk Sahabat Lokal yang fokus terhadap pemberdayaan sektor pariwisata, budaya, kearifan lokal, dan UMKM.

Festival Kreatif Lokal 2021, merupakan wujud komitmen Adira Finance untuk mendukung pengembangan ekonomi kreatif melalui program Kemenparekraf RI #BeliKreatifLokal dan Bangga Buatan Indonesia.

Terutama bagi pelaku UKM di lima Destinasi Super Prioritas (DSP) pariwisata Indonesia, yaitu Danau Toba Sumatera Utara, Labuan Bajo Nusa Tenggara Timur, Borobudur Jawa Tengah, Likupang Sulawesi Utara, serta Mandalika Nusa Tenggara Barat.

Adapun FKL 2021, bisa menjadi peluang untuk meningkatkan kapasitas UKM dalam beradaptasi dan berinovasi terhadap perkembangan dunia usaha, terutama pada industri pariwisata.

Selain sebagai modal untuk bertumbuh, FKL 2021 juga bermanfaat bagi pelaku UKM dalam mendapatkan pelatihan karena menggunakan metode praktikal, sehingga dapat diterapkan langsung dalam bisnis UKM.

Hal ini menjadi peluang besar bagi UKM dalam memaksimalkan potensi usaha ke depannya. Direktur Utama Adira Finance Hafid Hadeli menjelaskan, FKL 2021 merupakan salah satu rangkaian kegiatan HUT ke-31 Adira Finance.

Baca Juga: 5 Cara Mengembangkan Bisnis Online ala Tokopedia, UMKM Wajib Tahu!

Melalui kegiatan ini, Adira Finance mendukung upaya pemerintah, khususnya Kemenparekraf RI, dalam memajukan UKM sektor ekonomi kreatif agar bersama-sama tumbuh membangun perekonomian Indonesia di tengah masa pandemi.

“Program ini diselenggarakan sejalan dengan visi perusahaan dalam menciptakan nilai bersama untuk meningkatkan kesejahteraan,” ujar Hafid dalam diskusi virtual, Rabu (1/9)

Ada beberapa kegiatan yang akan disajikan dalam FKL 2021, yaitu sebagai berikut.

Dok. Adira Finance
Dok. Adira Finance

Direktur Utama Adira Finance Hafid Hadeli

1. Grand Launching Festival Kreatif Lokal 2021.

2. Kreatif Lokal Award 2021, sebagai wujud apresiasi Adira Finance kepada individu pelaku wirausaha yang telah menunjukkan prestasi baik dan memberdayakan masyarakat sekitar, melalui inovasi dan kreativitas.

Rangkaiannya dimulai dari pendaftaran peserta UKM, seleksi, hingga penjurian finalis.

Baca Juga: Hari UMKM Nasional, Gojek dan Kemenkop UKM Dorong Pelatihan Mitra UMKM

3. Malam Gebyar Adira Kreasi 2021 yang menjadi acara puncak rangkaian Festival Kreatif Lokal 2021.

Acara ini diselenggarakan bertepatan dengan HUT ke-31 Adira Finance pada November mendatang. Acara ini berlokasi di Candi Borobudur, Jawa Tengah.

Secara umum, FKL 2021 berupaya mencari UKM terbaik dari tiga kategori bidang ekonomi kreatif. Di antaranya adalah kuliner, kriya, dan fashion dari masing-masing lima Destinasi Super Prioritas pariwisata Indonesia.

Pada prosesnya, UKM peserta Festival Kreatif Lokal 2021 akan diseleksi dan dinilai berdasarkan inovasi dan orisinalitas produk, visi-misi, model bisnis, serta strategi bisnis yang dikembangkan.

Selain itu, tujuan, sekaligus dampak usaha terhadap pengembangan ekosistem daerah wisata, termasuk juga unsur kebudayaan dan pemberdayaan sumber daya masyarakat di sekitar lokasi usaha mereka.

Para pemenang, akan mendapatkan hadiah senilai total ratusan juta rupiah berupa modal usaha, pelatihan bisnis, dan eksposur di berbagai media nasional, baik cetak maupun online.

Baca Juga: Hari UMKM Nasional, Google Melatih Kelas Digital 2 Juta UMKM Indonesia

Untuk dapat mengikuti Kreatif Lokal Award, peserta UKM di 5 DSP pariwisata Indonesia bisa mendaftarkan diri melalui situs resmi FKL 2021 di www.festivalkreatiflokal.co.id atau adira.id/festivalkreatiflokal-pr mulai tanggal 1 hingga 22 September 2021.

Selain melalui situs tersebut, masyarakat dapat juga mengakses informasi terperinci terkait jadwal rangkaian acara di masing-masing lokasi DSP pariwisata Indonesia, informasi profil juri dan mentor pendamping peserta, serta beragam aktivitas selama perhelatan FKL 2021, di media sosial Adira Finance.

Penyelenggaraan FKL 2021 turut didukung berbagai pihak, baik dari pemerintah maupun swasta, seperti MUFG, Zurich, Adira Finance Syariah, dan Baba Rafi Enterprise.

FKL 2021 juga diharapkan membuka peluang yang lebih besar bagi para UKM, khususnya di industri pariwisata Indonesia, agar semakin diakui secara nasional dan mengglobal.

“Kami berharap FKL 2021 dapat menjadi momentum mengubah pola pikir UKM, dari fixed mindset to growth mindset dan membuka peluang produk berkualitas UKM Indonesia berkembang ke internasional,” tutup Hafid Hadeli. (*)

Editor : Yunus

Baca Lainnya