Follow Us

Hari UMKM Nasional, Gojek dan Kemenkop UKM Dorong Pelatihan Mitra UMKM

Wulan - Jumat, 13 Agustus 2021 | 12:00
Gojek dorong pelatihan UMKM lokal
Dok. Gojek

Gojek dorong pelatihan UMKM lokal

CERDASBELANJA.ID – Kontribusi UMKM yang mencapai 60% terhadap PDB Nasional menjadi pilar utama ekonomi nasional.

Oleh karena itu, UMKM yang dapat bertahan di masa pandemi menjadi kunci dalam percepatan pemulihan ekonomi nasional.

Bertepatan dengan Hari UMKM Nasional 2021, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) bersama Gojek menggelar pelatihan digital untuk ribuan mitra UMKM binaan Kemenkop UKM.

Baca Juga: Hari UMKM Nasional, Google Melatih Kelas Digital 2 Juta UMKM Indonesia

Pelatihan ini merupakan bagian dari rangkaian spesial inisiatif edukasi Gojek bertajuk Akademi Mitra Usaha Gojek (KAMUS) edisi Hari UMKM Nasional.

Sampai akhir tahun 2021, Gojek melalui KAMUS menargetkan 100.000 UMKM dapat terlatih dan mendapat pengembangan kapasitas.

Deputi Bidang Usaha Mikro Kementerian Koperasi & UKM Eddy Satriya menyampaikan, pihaknya berkomitmen untuk mempercepat akselerasi onboarding digital bagi UMKM.

“Pemerintah menargetkan setidaknya 30 juta UMKM, bergabung pada platform digital sampai dengan tahun 2024,” kata Eddy Satriya dalam diskusi virtual, Kamis (12/8).

Meski demikian, Eddy mengaku hal tersebut tentunya tidak mudah dicapai. Apalagi, banyak tantangan yang dihadapi UMKM terutama terkait kesiapan, baik dari sisi produk maupun SDM.

“Selain itu, upaya untuk meningkatkan literasi manfaat masuk ke ekosistem digital dan inkubasi untuk mengakselerasi kesiapan UMKM perlu diperlukan secara intensif,” lanjut Eddy.

Baca Juga: Ini Kalender Promo Shopeepay Semangat Usaha Lokal, Ada Flash Sale Rp1

Menurut Eddy Satriya, untuk mewujudkan hal-hal tersebut tentunya diperlukan sinergitas dan kolaborasi antar stakeholders termasuk dengan platform digital lainnya, salah satunya dengan Gojek.

Editor : Cerdas Belanja

Baca Lainnya

Latest