KAI dan Blue Bird Kolaborasi, Bisa Pesan Taksi di Aplikasi KAI Access

Rabu, 01 September 2021 | 09:00
kai.id

Kini pelanggan bisa pesan taksi Bluebird di aplikasi KAI Access

CERDASBELANJA.ID – PT Kereta Api Indonesia (Persero) dan PT Blue Bird Tbk resmi melakukan kerja sama.

Melalui kerja sama KAI dan Blue Bird, maka pengguna bisa melakukan pemesanan taksi Bluebird pada aplikasi KAI Access.

Melalui kolaborasi ini, masyarakat yang melakukan pemesanan tiket kereta api melalui aplikasi KAI Access, dapat menambahkan layanan taksi Bluebird pada menu pilihan layanan sebelum melakukan pembayaran.

Baca Juga: Agar Investasi Tetap Cuan, Ini Cara Jual Emas Batangan yang Kena Pajak

Kolaborasi ini, juga menjadi integrasi multi moda transportasi pertama di Indonesia yang meliputi integrasi layanan hingga ke sistem pembayaran.

Peluncuran ini fitur ini, merupakan kelanjutan dari kerja sama antara KAI dan Bluebird yang telah mencakup First Mile, yaitu transportasi penjemputan dari lokasi awal ke stasiun keberangkatan.

Sebelumnya pada 16 September 2020, KAI dan Bluebird telah memperkenalkan layanan Last Mile atau transportasi dari stasiun kedatangan hingga ke lokasi tujuan.

Mereka meyakini, luasnya jangkauan dari kerja sama ini mampu meningkatkan aksesibilitas, kemudahan, dan kenyamanan mobilitas bagi masyarakat pengguna transportasi massal.

Tidak hanya itu, kerja sama ini juga sebagai wujud nyata peningkatan kualitas layanan transportasi darat, melalui kolaborasi transformasi digital kedua perusahaan.

Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) Didiek Hartantyo mengungkapkan, peluncuran layanan First Mile ini akan semakin memberikan kemudahan aksesibilitas, integrasi, dan kenyamanan kepada pelanggan KAI untuk memanfaatkan taksi Bluebird.

Baca Juga: Resmi, Naik Kereta Api Kini Wajib Pakai Aplikasi Pedulilindungi

“Jadi ini kolaborasi dan sinergi yang sangat luar biasa dari Bluebird sebagai pemain utama taksi, serta KAI sebagai pemain utama Kereta Api berkolaborasi, bersinergi, dalam memberikan value kepada para pelanggan kami,” ujar Didiek dikutip dalam keterangannya, Selasa (31/8).

Didiek berharap, sinergi antara KAI dan Bluebird bisa terus melahirkan inovasi baru untuk memperluas fitur-fitur layanan yang telah tersedia dalam aplikasi KAI Access.

Tujuannya, agar dapat memberikan kenyamanan, kepercayaan, serta keselamatan kepada para pelanggan.

kai.id
kai.id

Ilustrasi taksi Bluebird

Didiek melanjutkan, ke depannya pihaknya akan terus berkolaborasi dengan moda transportasi lain.

Direktur Niaga KAI Dadan Rudiansyah menambahkan, KAI menjalin kerja sama dengan Bluebird karena Bluebird merupakan perusahaan taksi terbesar di Indonesia.

Selain itu, Bluebird juga merupakan perusahaan yang tepercaya dalam pengelolaan transportasi taksi.

Baca Juga: Harus Tahu, Ternyata Ribuan Penjual Makanan Keliling di Singapura Berhasil Direlokasi ke Pusat Jajanan Kuliner Hingga Diakui Michelin Guide, Ini Faktanya!

Dadan berharap, melalui kolaborasi ini masyarakat akan semakin nyaman dan mudah untuk mencapai tujuan bertransportasi.

“Diharapkan juga animo masyarakat semakin meningkat untuk menggunakan layanan KAI, dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat sesuai kebijakan pemerintah,” kata Dadan.

Sementara itu, Direktur Utama PT Blue Bird Tbk Sigit Djokosoetono mengungkapkan, keberlanjutan kerja sama ini merupakan bentuk sinergi yang kuat antara pihak BUMN dan swasta.

Khususnya, untuk mendukung pertumbuhan dan peningkatan kualitas layanan transportasi massa di Indonesia.

“Kolaborasi ini, kami yakini mampu menghadirkan layanan terintegrasi yang dapat diandalkan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan mobilitas dengan jarak tempuh antar kota maupun provinsi,” ungkap Sigit.

Sigit menambahkan, keberlanjutan kolaborasi ini turut menghadirkan fitur Fixed Price yang menawarkan harga pasti di setiap perjalanan bersama Bluebird.

Baca Juga: Bukan Nagita Slavina, Begini Tanggapan Netizen Saat Ayu Ting Ting Kembali Tiru Gaya Cha Eun Woo Pakai Tas Louis Vuitton

Menurut Sigit, pihaknya ingin berbagi pengalaman bepergian terbaik bagi pengguna setia Bluebird dan KAI lewat fitur Fixed Price.

Melalui fitur ini, pengguna layanan KAI Access mendapatkan pengalaman perjalanan dengan tenang bersama Bluebird sampai titik akhir perjalanan, dengan tarif pasti dari Bluebird.

Namun perlu diingat, layanan ini hanya bisa dilakukan untuk layanan Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ). Pemesanan layanan First Mile dan Last Mile di Aplikasi KAI Access, dapat dilakukan bersamaan dengan pemesanan tiket keretanya, ataupun terpisah dengan pemesanan tiket kereta.

Pemesanan layanan tambahan taksi yang dilakukan bersamaan dengan tiket kereta, bisa diakSes pada halaman “Rincian Pemesanan”, lalu pilih layanan tambahan taksi melalui menu “Taksi.”

Jika dilakukan terpisah dengan pemesanan tiket kereta, maka pilih terlebih dahulu kode booking tiket kereta yang akan ditambahkan layanan First Mile dan Last Mile, lalu pada halaman “Detail Tiket” pilih menu “Layanan” dan selanjutnya pilih menu “Taksi.”

Pada kerja sama ini, para pengguna KAI Access dapat menikmati fitur Fixed Price dari Bluebird yang mampu memaksimalkan kenyamanan saat bepergian.

Baca Juga: 7 Ide Kencan Hemat yang Ramah di Dompet, Dijamin Murah Meriah!

Fitur Fixed Price. memberikan skema harga pasti kepada para pengguna terlepas dari situasi di jalanan yang tidak menentu. Termasuk situasi kemacetan, sehingga memberikan ketenangan ekstra dari perjalanan First Mile maupun Last Mile hingga tempat tujuan.

Saat ini, layanan First Mile dan Last Mile tersebut sudah dapat digunakan untuk stasiun keberangkatan dan kedatangan.

Di antaranya, yaitu stasiun Gambir, Pasar Senen, Bandung, Semarang Tawang, Semarang Poncol, Yogyakarta, Surabaya Gubeng dan Surabaya Pasar Turi. Ke depannya, jumlah stasiun yang melayani akan ditambah secara bertahap. (*)

Editor : Yunus

Baca Lainnya