Turun Harga, Catat Daftar Lengkap Harga Tes PCR di Kimia Farma, Berapa Biaya Tes Antigen?

Kamis, 19 Agustus 2021 | 09:00
Medical photo created by freepik - www.freepik.com<

Ilustrasi tes PCR untuk Covid-19

CERDASBELANJA.ID – Kementerian Kesehatan (Kemenkes), resmi menetapkan tarif tertinggi pemeriksaan Real Time Polymerase Chain Reaction (RT-PCR).

Kini, harga tes PCR turun menjadi Rp495 ribu untuk pulau Jawa dan Bali, serta Rp525ribu untuk luar pulau Jawa dan Bali.

Tarif tersebut, ditetapkan melalui Surat Edaran Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan nomor HK.02.02/I/2845/2021 Tentang Batas Tarif Tertinggi Pemeriksaan Reserve Transcription Polymerase Chain Reaction (RT-PCR) yang berlaku mulai Selasa, 17 Agustus 2021.

Baca Juga: Kemenkes Berlakukan Aplikasi Pedulilindungi, Hindari Bukti PCR Palsu

Sejalan dengan penurunan harga tes PCR ini, maka PT Kimia Farma Tbk ikut menurunkan harga tes PCR dan Antigen.

Mengutip dari Kompas.com, saat ini harga pengetesan Covid-19 di perusahaan tersebut paling mahal dibanderol Rp495.000 untuk PCR dan Rp125.000 untuk Antigen.

Direktur Utama Kimia Farma Verdi Budidarmo mengatakan, Kimia Farma langsung melaksanakan arahan pemerintah tentang penurunan tarif tes PCR, sebagai bentuk komitmen untuk memberi pelayanan terbaik bagi masyarakat Indonesia.

“Dengan demikian akan semakin mudah bagi masyarakat untuk mengakses tes Covid-19 yang berujung pada perbaikan iklim kesehatan Indonesia secara menyeluruh," ujar Verdi dalam keterangan tertulisnya, Rabu (18/8/2021).

Sementara itu, Plt. Direktur Utama PT Kimia Farma Diagnostika (KFD) Agus Chandra menambahkan, pihaknya akan menjalankan perintah untuk menurunkan harga tes PCR dengan sebaik-baiknya.

"Selain menurunkan harga tes PCR Rp495.000, kami juga menurunkan tarif/harga swab/rapid test antigen. Harga swab antigen menjadi Rp85.000 untuk jenis alat regular dan untuk merk Abbot Panbio turun jadi Rp125.000," kata dia.

Baca Juga: Dorong Testing, Presiden Minta Harga Tes PCR Turun Jadi Rp450 Ribu

Menurut dia, Kimia Farma sebagai bagian dari Holding Farmasi BUMN berkomitmen untuk menjalankan tugas pemeriksaan Covid-19, guna memberi pelayanan terbaik bagi seluruh masyarakat Indonesia.

"Profesionalisme akan berlaku pada seluruh klinik Kimia Farma yang menyelenggarakan tes PCR dan swab antigen. Kimia Farma siap membantu pemerintah dalam melakukan pemeriksaan atau testing Covid-19," ungkapnya.

Secara terperinci, perubahan harga tes PCR dan Swab Antigen di Kimia Farma adalah sebagai berikut.

- Harga tes PCR di Kimia Farma turun dari Rp900.000 menjadi Rp500.000;

- Swab Antigen Reagen Abbott Panbio dari Rp190.000 menjadi Rp125.000;

- Swab Antigen Reagen selain Panbio (Regular) dari Rp190.000 menjadi Rp85.000;

Baca Juga: Resmi! Kemenkes Umumkan Harga Tes PCR Turun Jadi Rp495 Ribuan Khusus Jawa-Bali, Ini Komponen Harganya

- SLA hasil PCR adalah maksimum 16 jam dari sejak pengambilan sample (berlaku di Jakarta, Bandung, Semarang, Medan dan Makassar).

Diketahui, penurunan tarif tes PCR yang diperintahkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tak lepas dari polemik soal biaya tes Covid-19 di Indonesia yang dinilai masih mahal.

Sejak awal pandemi Covid-19, biaya tes PCR mandiri di Indonesia berkisar di angka Rp1 juta.

Polemik perihal mahalnya harga tes PCR di Indonesia menjadi perbincangan khalayak dalam beberapa waktu terakhir.

Hal itu setelah harga tes PCR di Indonesia disebutkan lebih mahal daripada negara lain. Termasuk hampir 10 kali lipat lebih mahal harganya jika dibandingkan India.

Diberitakan India Today, 4 Agustus 2021, India memangkas tarif tes PCR yang sebelumnya 800 Rupee menjadi 500 Rupee atau setara Rp96.000 berdasarkan kurs saat itu.

Baca Juga: Serbu Promo Bank BCA, Dapatkan Paket PCR Swab Test Sesuai Budget

Sementara itu bagi mereka yang ingin melakukan tes PCR di rumah, biayanya 700 Rupee per tes. Sebelumnya tes PCR di rumah dihargai 1.200 Rupee.

Presiden Jokowi lalu meminta Kementerian Kesehatan untuk menurunkan harga tes PCR di kisaran Rp450.000 hingga Rp550.000.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Daftar Terbaru Harga Tes PCR dan Antigen di Kimia Farma" (*)

Editor : Yunus

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya