4 Cara Membedakan Produk Obat Palsu ala Tokopedia, Tetap Waspada

Sabtu, 17 Juli 2021 | 21:00
TOKOPEDIA.COM

Simak bagaiana cara membedakan obat asli dan palsu ala Tokopedia.

CERDASBELANJA.ID – Pada masa pandemi dan PPKM Darurat seperti ini, sangat penting untuk menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh.

Salah satunya, dengan mengonsumsi vitamin dan suplemen makanan. Namun, sayangnya hal ini banyak dimanfaatkan oleh oknum tidak bertanggung jawab untuk meraup keuntungan.

Pasalnya, mereka cenderung menjual vitamin dan alat kesehatan palsu dan memasang harga yang sangat tinggi.

Baca Juga: 5 Tips Kurban Online ala Tokopedia, Dijamin Lebih Mudah dan Aman

Sebagai konsumen, kita perlu menjadi pembeli yang jeli dan cerdas dalam memilih agar tidak tertipu dan mengonsumsi vitamin palsu.

Untuk membantu kita, Tokopedia memberikan beberapa cara membedakan produk obat palsu dan asli.

Berikut adalah cara membedakan produk obat palsu dan asli, jika kita akan membelinya di Tokopedia.

1. Periksa dan Teliti Kondisi Kemasan Obat

Cara membedakan produk obat palsu dan asli yang pertama, adalah dengan memeriksa dan teliti kondisi kemasan obat yang diterima.

Apabila kemasan tidak bersegel, sudah terbuka, bahkan sobek atau rusak, kita perlu memastikan kembali keaslian obat tersebut.

Pasalnya, bisa saja obat yang dijual sudah tidak layak konsumsi atau bahkan diganti dengan jenis obat lain.

Baca Juga: Kerja sama dengan Pemerintah, Tokopedia Punya Fitur Bayar Pajak Online

2. Pastikan Terdapat Logo Golongan Obat

Cara membedakan produk obat palsu dan asli yang kedua, adalah memastikan terdapat logo golongan obat pada kemasan.

Pada obat asli, terdapat logo yang menandakan tiga golongan obat, yaitu obat keras dengan logo huruf K yang dikelilingi lingkaran merah dengan garis tepi hitam.

Obat bebas terbatas yang ditandai lingkaran warna biru dengan garis tepi hitam, serta obat bebas dengan logo warna hijau dengan garis tepi warna hitam.

3. Cek Informasi Produsen atau Farmasi

Cara membedakan produk obat palsu dan asli yang ketiga, adalah pastikan selalu mengecek informasi produsen atau farmasi.

Pada obat asli, selalu terdapat nama produsen atau farmasi. Kita dapat melakukan pengecekan sehubungan dengan produsen atau farmasi dengan cara berikut.

Pastikan obat diproduksi oleh industri dengan identitas dan alamat yang jelas, cek kembali apakah terdapat salah tik pada nama produsen atau farmasi, apabila informasinya berbentuk kode QR pastikan kode tersebut terhubung dengan situs yang tepercaya.

Baca Juga: 5 Keuntungan Pakai Kartu Nama Bisnis ala Tokopedia, Bisa untuk Promosi

4. Cek Informasi Kelayakan Obat

Cara membedakan produk obat palsu dan asli yang keempat, adalah selalu mengecek informasi kelayakan obat.

Kita bisa memastikan keaslian informasi sehubungan dengan kelayakan obat untuk dikonsumsi, di antaranya melalui langkah berikut

Pastikan obat memiliki izin edar dan terdaftar di BPOM, kita bisa mengecek izin edar obat yang sudah terdaftar di BPOM di tautan ini https://cekbpom.pom.go.id/. Selain itu, pastikan obat memiliki tanggal produksi atau tanggal kedaluwarsa.

Jika kita menemukan produk yang dicurigai sebagai obat palsu, kita bisa segera melaporkan produk di tautan berikut https://www.tokopedia.com/help/article/cara-melaporkan-produk-yang-melanggar-ketentuan-tokopedia. (*)

Editor : Yunus

Baca Lainnya