Kembangkan Layanan, Ini 3 Fokus Inovasi DANA Sepanjang Tahun 2021

Minggu, 27 Juni 2021 | 18:00
Dok. DANA

Dompet digital DANA akan fokus kembangkan produk dan layanan.

CERDASBELANJA.ID – Dompet digital DANA berhasil mencatatkan pertumbuhan positif pada lini bisnisnya, di sepanjang Semester I-2020.

Senior VP of Product DANA Rangga Wiseno mengatakan, ada lima fitur DANA yang paling banyak digunakan.

Di antaranya fitur QRIS Payment, Send Money atau Kirim Uang, pembelian pulsa prabayar untuk telepon seluler, pembayaran Online Commerce, serta fitur Biller untuk pembayaran tagihan-tagihan.

Baca Juga: Beri Kemudahan, DANA Berhasil Tumbuh Positif Sepanjang Semester I-2020

Untuk terus memaksimalkan pelayanan, DANA akan melanjutkan pengembangan produknya dengan mengedepankan tiga pilar inovasi yang dimiliki, yaitu trusted, friendly, dan accessible.

Untuk pilar pertama atau trusted, Rangga menyebut pihaknya sedang mengembangkan teknologi artificial intelligence (AI) di aplikasi DANA.

Melalui teknologi tersebut, DANA bisa mendeteksi kebiasaan pengguna dalam menggunakan DANA.

“Misalnya, kami bisa melihat apakah ada 2 pengguna yang memakai DANA dalam 1 device. Kami juga bisa mendeteksi pola kebiasaan pengguna saat menggunakan aplikasi DANA,” ujar Rangga, Minggu (27/6).

Ia menambahkan, tidak hanya meningkatkan peran AI dari sisi deteksi kebiasaan pengguna, DANA juga akan membuat profil lain dari sisi detektor.

Hal ini, dilakukan sebagai tindak pencegahan agar aplikasi semakin aman dan nyaman digunakan oleh pengguna.

Baca Juga: 4 Cara Agar Transaksi Bisnis Online Aman ala DANA, Wajib Tahu

Kemudian untuk pilar kedua atau friendly, DANA sedang fokus untuk melakukan personalisasi data.

Sejalan dengan semakin banyaknya layanan yang hadir di aplikasi, maka DANA ingin bisa mendeteksi dan merekomendasikan fitur apa saja yang cocok bagi pengguna.

“Jadi bagaimana kita mendeteksi sebenarnya layanan apa yang disukai pengguna. Kebiasaan pengguna berusia 25-35 tahun, tentunya berbeda dengan yang umur 17 sampai 25 tahun,” ungkap Rangga.

Tidak hanya mendeteksi layanan yang disukai pengguna, DANA juga berfokus untuk bisa merekomendasikan layanan dan produk apa yang lebih cocok digunakan oleh pengguna.

Terakhir untuk pilar ketiga atau accessible, DANA akan merumuskan strategi untuk membuka ekosistem yang bisa dan mudah digunakan oleh semua kalangan.

“Tidak hanya terbatas dari merchant, tetapi juga bisa digunakan oleh small medium enterprise yang micro ataupun ultra micro,” sambung Rangga.

Baca Juga: 5 Keuntungan Pakai DANA Bisnis, Bisa Bantu Usaha UMKM Berkembang

Adapun fokus ini didasarkan pada pertumbuhan merchant online yang signifikan selama beberapa waktu terakhir.

Untuk itu, DANA berkomitmen untuk menciptakan layanan yang mudah diakses dan bisa digunakan oleh siapa pun.

“Kami juga sedang mengumpulkan beberapa produk yang exciting dan update yang lebih menyeluruh agar pengguna lebih mudah dalam mengakses aplikasi,” tutup Rangga. (*)

Editor : Yunus

Baca Lainnya