4 Cara Menarik Calon Pembeli ala Tokopedia, Cukup Lewat Chat Aplikasi

Senin, 07 Juni 2021 | 19:00
seller.tokopedia.com

Cara Menarik Calon Pembeli ala Tokopedia

CERDASBELANJA.ID – Salah satu cara jitu menarik pembeli adalah dengan memberikan pelayanan yang terbaik, salah satunya melalui komunikasi di chat.

Jangan salah, kita tidak boleh mengabaikan cara komunikasi ini. Pasalnya, cara menarik calon pembeli yang efektif adalah melalui interaksi di chat.

Mengutip dari Tokopedia, para pembeli yang puas dengan pelayanan sebuah toko cenderung akan berbelanja lagi di toko tersebut.

Baca Juga: Seller Wajib Tahu, Catat Ketentuan Desain Banner Promosi di Tokopedia

Selain itu, mereka juga akan merekomendasikan ke teman-temannya. Maka dari itu, tidak salah jika cara menarik calon pembeli yang cukup manjur adalah lewat chat.

Apalagi, di dalam bisnis online seluruh proses jual-beli dan interaksi antara penjual dan pembeli dilakukan melalui chat.

Untuk membantu kita, berikut adalah beberapa cara menarik calon pembeli ala Tokopedia yang bisa ditiru.

1. Layani dengan Ramah

Cara menarik calon pembeli ala Tokopedia yang pertama, adalah pastikan kita melayani calon pelanggan dengan ramah.

Perlu diingat, karakteristik pembeli tentunya sangat beragam. Ada yang sering bertanya, ada yang membalas dengan singkat dan sebagainya.

Oleh karena itu, tips paling umum dan utama dalam membalas chat pembeli, adalah dengan ramah. Tentunya pelayanan ini diperlukan, agar semua tipe pembeli nyaman belanja di toko kita.

Baca Juga: Kenali Apa Itu Tokopedia Display Network dan Keuntungannya Bagi Bisnis

2. Memberikan Informasi Lengkap

Cara menarik calon pembeli ala Tokopedia yang kedua, adalah memberikan informasi selengkapnya, bahkan lebih dari yang ditanyakan.

Tentunya, sebagai seorang admin kita perlu bijak dalam memilih informasi apa yang harus diberikan pada calon pelanggan.

Jika sekiranya informasi tersebut menguntungkan pembeli, menambah pengetahuan terhadap sebuah produk, serta bisa membuatnya belanja di toko kita, maka jangan ragu. Berikan informasi tersebut selengkapnya, agar pembeli bisa menentukan produk yang sesuai kebutuhannya.

3. Berikan Saran

Cara menarik calon pembeli ala Tokopedia yang ketiga, adalah berikan saran dan solusi terbaik saat calon pembeli mengajukan pertanyaan.

Sebagian pembeli, sudah tahu apa yang ingin dibeli saat mengunjungi toko online kita. Namun, ada juga pembeli yang masih ragu atau belum tahu pasti apa yang ingin dibeli.

Untuk itu, tidak ada salahnya kita memberikan saran terbaik kepada mereka. Trik ini juga berguna, jika kita sedang kehabisan produk yang diminta pembeli.

Baca Juga: Tokopedia Hadirkan Opsi Pengiriman Kurir Rekomendasi, Lebih Mudah

4. Selalu Balas Chat

Cara menarik calon pembeli ala Tokopedia yang keempat, adalah pastikan untuk selalu membalas chat pembeli.

Jika memungkinkan, pastikan kita jadi orang terakhir yang membalas pesan mereka.

Artinya, meskipun calon pembeli hanya membalas dengan singkat atau hanya mengirim emotikon, kita tetap harus membalas pesan mereka. (*)

Editor : Yunus

Sumber : Tokopedia

Baca Lainnya