Cara Jitu Jualan Laris di Tokopedia, Cocok untuk Ide Bisnis Ramadan

Jumat, 09 April 2021 | 22:00
Dok. Tokopedia

Cara Jitu Jualan Laris di Tokopedia, Cocok untuk Ide Bisnis Ramadan

CERDASBELANJA.ID - Pegiat usaha yang memiliki kanal digital dinilai lebih tangguh mempertahankan bisnis dan lapangan pekerjaan di tengah pandemi.

Hal ini pun tidak terkecuali menjelang bulan Ramadan. Para pegiat usaha, bisa memanfaatkan beberapa hal untuk mendorong penjualan di bulan Ramadan.

External Communications Senior Lead Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya mengungkapkan, ada beberapa hal yang bisa digunakan UMKM untuk berjualan di Tokopedia.

Baca Juga: Cara Hubungkan WhatsApp ke Instagram Bisnis, Jualan Pasti Makin Laris!

Di antaranya adalah memanfaatkan kanal digital, berkolaborasi, serta berinovasi. Beberapa hal ini bisa menjadi kunci menghadapi pandemi.

Selain itu, Ekhel mengatakan masih ada lagi beberapa cara jitu agar jualan laris di Tokopedia. Berikut adalah beberapa cara jitu agar jualan laris di Tokopedia yang bisa ditiru UMKM.

“Inilah yang dilakukan Tokopedia bersama lebih dari 10 juta penjual tergabung yang hampir 100%nya UMKM,” ujar Ekhel dikutip dalam keterangannya, Kamis (8/4).

1. Cari Tahu Produk yang Sedang Laris

Cara jitu agar jualan laris di Tokopedia yang pertama, adalah para UMKM bisa melakukan riset terkait produk yang sedang viral atau digandrungi banyak orang.

Para penjual online, khususnya di Tokopedia bisa memanfaatkan fitur Wawasan Pasar. Fitur ini, memungkinkan penjual melihat kata kunci yang paling sering digunakan pembeli.

Tidak hanya itu, fitur ini juga bisa menunjukkan beragam produk terlaris, rekomendasi kategori, sampai inspirasi tren produk.

Baca Juga: 5 Cara Mudah Pisahkan Uang Pribadi dan Bisnis, Intip Keuntungannya!

2. Upgrade dan Percantik Toko

Cara jitu agar jualan laris di Tokopedia yang kedua, adalah melakukan upgrade dan mempercantik toko online kita.

Semakin kita meng-upgrade toko, semakin banyak juga fitur eksklusif yang bisa dipakai penjual untuk meningkatkan penjualan dan kepercayaan pembeli.

Salah satunya, fitur Dekorasi Toko. Fitur ini bisa mempercantik tampilan toko agar menarik lebih banyak pembeli.

3. Aktifkan Promo Bebas Ongkir Favorit Pembeli

Cara jitu agar jualan laris di Tokopedia yang ketiga, adalah mengaktifkan promo bebas ongkos kirim (ongkir) yang digemari pembeli.

Jika penjual mengaktifkan fitur Bebas Ongkir, maka penjualan bisa terbantu dan bahkan mengalami peningkatan.

Tidak hanya itu, penjual bahkan bisa menjangkau lebih banyak pembeli di luar pulau. Khususnya selama bulan Ramadan, yang mana kebutuhan sehari-hari masyarakat cenderung meningkat.

Baca Juga: Cara Mudah Kembangkan Bisnis untuk Pengusaha, Cuma 5 Langkah

4. Upload Produk Parsel Ramadan

Cara jitu agar jualan laris di Tokopedia yang keempat, adalah membuat produk parsel Ramadan dan meng-upload-nya ke toko.

“Transaksi parsel makanan di Tokopedia pada Ramadan 2020 tercatat melonjak hampir 4x lipat jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya,” kata Ekhel.

Berdasarkan data tersebut, maka pada Ramadan tahun ini penjual bisa mendongkrak penjualan lewat halaman khusus Parsel Ramadan. Caranya pun mudah hanya perlu meng-upload produk parsel dengan rumus penamaan produk sebagai berikut, Parsel Ramadan + Jenis Produk + Merek + Keterangan.

5. Manfaatkan Media Sosial untuk Promosi

Cara jitu agar jualan laris di Tokopedia yang kelima, adalah memanfaatkan media sosial untuk melakukan promosi.

Untuk lebih mendorong penjualan, khususnya selama Ramadan, penjual bisa membuat promo sendiri sesuai dengan budget yang ada melalui fitur Voucher Toko.

Baca Juga: Apa Itu TokoPoints, Program Loyalitas Tokopedia yang Hadir Lagi

Bentuk voucher bisa berupa cashback atau gratis ongkir. Setelah jadi, bagikanlah voucher tersebut lewat media sosial.

Tokopedia juga menyediakan Kurikulum #SIAPRAMADAN2021 untuk membantu pegiat usaha memaksimalkan penjualan selama bulan Ramadan. Informasi lain terkait mengembangkan usaha juga dapat dipelajari di Pusat Edukasi Seller. (*)

Editor : Yunus

Baca Lainnya