Gojek dan Tokopedia Layani Belanja Ramadhan Parsel Gratis Ongkir

Jumat, 02 April 2021 | 08:00
Dok. Tokopedia

Promo Tokopedia, Dapatkan Cashback Rp150 ribu untuk Menabung Emas

CERDASBELANJA.ID – Dalam rangka menyambut Ramadan, Gojek bekerja sama dengan Tokopedia meluncurkan kampanye “Dekatkan yang Jauh, Kirim yang Bermakna”.

Kampanye ini, bertujuan untuk mendukung masyarakat agar dapat tetap membangun hubungan erat dan bermakna di bulan Ramadan meski masih berada dalam situasi pandemi.

Melalui kolaborasi ini, pengguna Tokopedia yang berbelanja pada kategori khusus “Parsel Ramadan” akan memperoleh layanan eksklusif dari GoSend.

Baca Juga: Promo Gojek Jajan Hemat, Beli 5 Ayam Plus 3 Nasi KFC Hanya Rp79 Ribu

Sepanjang periode 13 April - 12 Mei 2021, GoSend akan memberikan gratis ongkos kirim (ongkir) senilai Rp15.000 yang berlaku untuk wilayah Jabodetabek.

Selain itu, ada pula gratis ongkir senilai Rp10.000 untuk seluruh Indonesia di luar wilayah Jabodetabek, dengan minimum pembelanjaan Rp30.000.

Head of Logistics Gojek Steven Halim mengatakan, situasi pandemi ini memang mendorong terjadinya pergeseran perilaku konsumsi masyarakat, dari offline menjadi online.

Menjelang Ramadan, Gojek melihat keterbatasan untuk bersilaturahmi secara tatap muka ini mendorong masyarakat menjadi lebih kreatif.

Salah satunya dengan memilih mengirimkan bingkisan kepada teman, maupun anggota keluarga.

“Hal ini tecermin dari peningkatan penggunaan layanan GoSend yang mendekati 40% pada Ramadan 2020 dibandingkan tahun sebelumnya,” ujar Steven dikutip dalam keterangannya, Kamis (1/4).

Baca Juga: Lewat Online, Saatnya Ganti HP Baru di Festival Tukar Tambah Tokopedia

Steven menambahkan, kolaborasi ini tidak hanya dapat menghadirkan solusi pengiriman yang cepat, mudah, dan aman bagi pelanggan.

Namun juga, mendorong pertumbuhan pedagang online sebagai pelaku UMKM yang selama ini telah menjadi motor pemulihan ekonomi.

VP of Marketing Tokopedia Hilda Kitti mengungkapkan, di Tokopedia transaksi parsel makanan melonjak hampir empat kali lipat selama bulan Ramadan 2020 dibanding Ramadan tahun sebelumnya.

Ini pun menandakan belanja online semakin menjadi andalan masyarakat. Kanal digital pun kian dimanfaatkan pegiat usaha di Indonesia untuk mempertahankan bisnis, terutama saat pandemi.

“Terbukti dari jumlah penjual di Tokopedia yang bertumbuh signifikan. Dari yang sebelum pandemi berjumlah 7,2 juta menjadi lebih dari 10 juta saat ini dan hampir 100%nya UMKM,” kata Hilda.

Berbagai pertumbuhan tersebut, didukung oleh perkembangan pesat bisnis UMKM.

Baca Juga: Cara Tukar HP Lama di Festival Tukar Tambah Tokopedia, Super Gampang!

Terutama segmen ritel yang memanfaatkan penjualan online dan e-commerce, sehingga berdampak pada peningkatan kebutuhan logistik untuk pengiriman barang dari belanja online.

Kampanye “Dekatkan yang Jauh, Kirim yang Bermakna” ini juga menghadirkan berbagai penawaran menarik dari sejumlah layanan Gojek.

Misalnya seperti layanan GoFood, GoRide, GoCar, GoMart, GoTix, GoPlay, dan GoClub. (*)

Editor : Yunus

Baca Lainnya