6 Cara Persiapkan Diri agar Bisa Pensiun Muda yang Siap Lahir Batin

Selasa, 02 Maret 2021 | 16:00

CERDASBELANJA.ID - Banyak orang yang mungkin menginginkan pensiun di usia muda. Pasalnya, pensiun muda memungkinkan kita mendapatkan uang hanya dengan duduk manis.

Namun, pensiun di usia muda bukan lah hal yang mudah. Kita harus sudah mempersiapkan sejumlah hal.

Jangan sampai memutuskan berhenti kerja total, tapi hidup belum mapan. Keuangan masih morat marit. Utang menumpuk.

Oleh karena itu, sebelum mengambil keputusan pensiun di usia muda, lakukan 6 tips pintar atur uang ini agar bisa hidup enak dan sejahtera, seperti dikutipKompas.comdariCermati.com.

Baca Juga: Kenali 4 Tanda Kita Belum Siap Pensiun Dini, Jangan Salah Langkah

1. Alokasikan Gaji Secara Ketat

Jika berniat pensiun muda, sejak dini, mulailah mengelola gaji dengan cermat. Jangan hanya memikirkan nafsu belanja, hura-hura yang akan menghabiskan uangmu tanpa tersisa. Ubah gaya hidup, kelola gaji secara ketat. Catat pemasukan dan pengeluaran setiap bulan dengan rinci. Utamakan kebutuhan dibanding keinginan.

Gunakan rumus mengatur keuangan 10-20-30-40. Sebesar 40 persen dari gaji, gunakan untuk membiayai kebutuhan hidup sehari-hari, seperti biaya makan, biaya transportasi, membayar sewa rumah jika mengontrak atau kos, tagihan listrik dan air.Sisihkan 30 persen dari gaji untuk membayar cicilan utang. Untuk tabungan, dana darurat, investasi, atau yang dipakai untuk masa depan keuanganmu, alokasikan sebesar 20 persen dari gaji.

Sedangkan sisanya 10 persen dapat digunakan untuk beramal. Dengan membuat catatan pengeluaran, dapat menghindari kamu dari belanja tak terencana. Supaya tidak overbudget. Belanja jadi terkontrol. Lakukan hal ini dengan tertib demi mewujudkan pensiun di usia muda.

2. Buka Tabungan Khusus Pensiun

Jangan lupa buka rekening tabungan khusus pensiun. Jangan cuma mengandalkan saldo Jaminan Hari Tua (JHT) BPJS Ketenagakerjaan saja.

Kita bisa mengalokasikan uang setiap bulan dari gaji untuk tabungan pensiun ini. Penempatannya, bisa di bank ataupun lembaga dana pensiun atau DPLK lain. Alokasi uangnya dapat disesuaikan dengan kemampuan finansial kita. Dan tentukan jangka waktunya, sehingga dana pensiun dapat terkumpul maksimal.

Baca Juga: Cara Buka Tabungan Emas di LinkAja, Mudah dan Bisa Mulai Rp10 Ribu

3. Investasikan Uangmu

Sisihkan gaji untuk investasi. Dalam bentuk apapun, seperti investasi emas, saham, reksadana, peer to peer landing, obligasi, deposito, atau lainnya.

Investasi kerap disebut cara terbaik menggandakan uang. Bayangkan, kenaikan gaji tahun ini cuma 8 persen, sementara harga-harga kebutuhan pokok makin mahal. Yang ada uang gajian habis tergerus inflasi.Sedangkan kalau kita berinvestasi, imbal hasilnya bahkan ada yang mencapai dua digit per tahun. Contohnya saja investasi saham.

Dalam jangka panjang, uang bisa berlipat meskipun ada bayang-bayang risiko yang akan menghantui. Tapi kalau kita jadi investor cerdas, maka risiko-risiko tersebut pasti dapat diatasi dengan langkah tepat.

Dengan begitu, investasi bisa menjadi sumber penghasilan menjanjikan untuk masa kini dan masa depan.

4. Lunasi Seluruh Utang

Kalau punya utang, baik itu cicilan kartu kredit, Kredit Tanpa Agunan (KTA), Kredit Pemilikan Rumah (KPR), Kredit Kendaraan Bermotor (KKB), ataupun utang lainnya, segera lunasi. Jangan sampai bertumpuk.

Jika sudah lunas, lebih baik jangan mengambil utang baru. Jika perlu hindari berutang agar tidak menjadi beban keuangan.

Baca Juga: Cara Bayar Utang dengan Cepat, Cukup Lakukan 3 Langkah Ini Saja

5. Rintis Usaha Kecil-Kecilan

Agar memiliki pendapatan tak hanya dari satu sumber, kita bisa membuka usaha kecil-kecilan.

Manfaatkan sisa waktu setelah pulang kerja atau hari libur untuk mengurus bisnismu. Bila usaha berkembang pesat, maka keuntungan yang didapat pun semakin banyak. Lumayan kan buat tabungan di hari tua.

Bisnis ini pun bisa kamu teruskan setelah pensiun. Daripada nganggur, usia masih produktif, lebih baik mengurus bisnismu. Siapa tahu usahamu ini semakin maju, dan menjadi ladang uang yang menjanjikan.

6. Siapkan mental

Memutuskan pensiun dini bukan cuma harus mempersiapkan masalah finansial, tapi juga mental. Pasalnya kehidupan akan berubah 180 derajat paska pensiun.

Dari yang sebelumnya setiap hari bangun pagi, bersiap ke kantor. Setelah pensiun, tak ada lagi tanggung jawab kepada siapapun. Siapkan mentalmu dengan baik. Isi harimu dengan kegiatan positif setelah pensiun nanti. Jangan sampai malah stress karena hanya berdiam diri di rumah.

Baca Juga: Cara Siapkan Dana Pendidikan Anak dalam Setahun, Simak 5 Hal Ini!

Coba Praktikkan

Apabila sudah memiliki bekal di atas, baik persiapan mental maupun keuangan, praktikkan pensiun di usia muda.

Jangan maju mundur untuk melakukannya. Apapun yang terjadi nantinya, inilah keputusan kita. Tak perlu disesali. Nikmati saja sebagai bagian dari proses hidup, pasti bisa! (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judulMau Pensiun Muda yang Siap Lahir Batin? Yuk, Intip Resepnya.

Editor : Yunus

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya