Cara Ampuh untuk Perluas Bisnis, Dijamin Semakin Banyak Pembeli

Senin, 01 Maret 2021 | 19:00
Photo by Amina Filkins from Pexels

Strategi bisnis online tahun 2021.

CERDASBELANJA.ID – Sebagai pemilik sebuah bisnis, tentunya kita sangat ingin memperluas dan mengembangkan kinerja bisnis kita.

Namun tentunya, memperluas bisnis di tengah kondisi saat ini akan menjadi penuh tantangan dan memerlukan banyak strategi.

Sebenarnya, ada cara ampuh untuk memperluas kinerja bisnis hanya dengan memanfaatkan kinerja digitalisasi saja.

Baca Juga: Cara Mudah Buat Pos Keuangan dalam Bisnis UMKM, Harus Disiplin

Sesuai dengan target dan tujuan pemerintah saat ini yang mendorong UMKM untuk go digital, maka kita bisa memanfaatkan kesempatan saat ini.

Apalagi, keadaan pandemi ini membuat sebagian besar masyarakat mulai beralih berbelanja melalui internet.

Mengutip dari Fox Business, berikut adalah beberapa cara ampuh untuk memperluas dan mengembangkan kinerja bisnis di tengah pandemi.

1. Tambahkan Produk dan Layanan Baru

Strategi ini terdengar relatif sederhana, tetapi realisasinya bisa jadi sangat menantang. Sebagai permulaan, kita bisa mencari tahu produk dan layanan apa saja yang diinginkan atau dibutuhkan pelanggan.

Selain itu, kita juga perlu meriset seberapa besar pelanggan bersedia membayar untuk produk atau layanan ini. Jika sudah mengetahui hasilnya, maka kita bisa menentukan apakah kita bisa menjual produk dengan keuntungan yang banyak atau tidak.

Cara terbaik jika ingin menambah produk atau layanan baru, adalah dengan melakukan riset pasar secara menyeluruh sebelum membuat produk baru.

Kita bisa menanyakan langsung kepada pelanggan terkait apa yang mereka pikirkan tentang produk dan layanan baru milik kita. Riset pasar ini akan membantu kita berfokus pada permintaan pelanggan terhadap produk dan layanan baru kita.

Baca Juga: Cara Mulai Bisnis UMKM dengan Modal Minim, Ada Banyak Pilihan

2. Berikan Penawaran Produk dan Layanan Baru Kepada Pelanggan Setia

Ini merupakan sisi lain dari strategi pertama, yaitu menyelami potensi lebih dalam kepada para pelanggan setia atau pelanggan yang sudah ada. Kita bisa memulai dengan melakukan analisis segmentasi pasar.

Ini dilakukan untuk mengidentifikasi segmen pelanggan seperti apa yang cenderung lebih banyak membeli produk baru. Jadi, kita bisa memfokuskan upaya penjualan dan pemasaran produk atau layanan baru pada segmen ini.

Nantinya, analisis ini akan membagi pelanggan kita menjadi beberapa segmen yang sesuai dengan kriteria yang ditentukan. Misalnya seperti usia, jenis kelamin, lokasi tempat tinggal, riwayat pembelian dan sebagainya.

Melalui analisis ini, kita bisa melihat potensi profitabilitas saat menjual produk baru, serta rencana alokasi dana penjualan dan pemasaran yang dibutuhkan.

3. Perluas Penjualan ke Wilayah Baru

Memperluas penjualan ke wilayah baru bisa membantu kita dalam menjangkau pelanggan baru di daerah lain. Pelanggan baru ini pun bisa berada di segmen yang berbeda dari lokasi bisnis kita saat ini.

Jika bisnis yang kita jalankan merupakan bisnis ritel, maka perluasan ini kemungkinan besar akan membutuhkan pembukaan lokasi baru di wilayah geografis yang berbeda. Baik di seluruh kota maupun negara. Tentunya ekspansi ini membutuhkan investasi waktu dan uang yang cukup besar.

Jadi sebelum melakukan ekspansi ke daerah baru, pastikan kita sudah melakukan riset pasar secara menyeluruh ada banyak permintaan pelanggan di wilayah tersebut.

Baca Juga: Bincang Shopee: 5 Tips Bisnis Fashion Saat Pandemi Ala Ria Miranda

4. Buat Target Market Baru

Sebagian besar bisnis menargetkan penjualan dan pemasaran produk ke market tertentu berdasarkan demografi, seperti usia, jenis kelamin, lokasi, atau psikologis. Misalnya seperti minat, aktivitas, hobi, nilai dan sebagainya.

Namun, kita juga perlu melihat target market lain yang bisa digali dan layak untuk produk yang dijual.

Menjangkau target market yang tepat dan di waktu yang tepat, merupakan langkah pertama untuk mengembangkan bisnis ke pasar yang lebih besar lagi.

5. Memanfaatkan Platform Penjualan dan Pengiriman Baru

Digitalisasi merupakan hal penting untuk mengubah bisnis kita. Jika kita merambah platform penjualan dan pengiriman baru, maka bisnis kita bisa semakin berkembang dan menjangkau pelanggan baru.

Peluang ini sudah banyak digunakan perusahaan untuk mengembangkan bisnisnya secara perlahan. Mulai dari UMKM kecil sampai dengan pebisnis besar yang sudah memiliki banyak cabang.

Memperbanyak platform penjualan, bisa mengoptimalkan kinerja bisnis kita, serta berpotensi membuat bisnis kita semakin dikenal banyak orang. (*)

Editor : Yunus

Sumber : Fox Business

Baca Lainnya