Follow Us

Kenali 4 Tanda Kita Belum Siap Pensiun Dini, Jangan Salah Langkah

Wulan - Rabu, 17 Februari 2021 | 22:00
Kenali 4 Tanda Kita Belum Siap Pensiun Dini, Jangan Salah Langkah
SHUTTERSTOCK

Kenali 4 Tanda Kita Belum Siap Pensiun Dini, Jangan Salah Langkah

CERDASBELANJA.ID – Pensiun dini merupakan tujuan dan cita-cita semua orang, tetapi masih banyak orang yang belum mengenali tanda bahwa ia belum siap untuk pensiun dini.

Tidak dapat dimungkiri pensiun dini bisa membawa banyak kebebasan dan juga peluang baru. Maka dari itu, butuh banyak usaha dan perencanaan untuk mewujudkan hal tersebut.

Jika kita belum siap untuk pensiun dini, sebenarnya ada beberapa tanda yang akan terlihat. Untuk itu, sebelum berencana untuk pensiun, kita perlu menyiapkan banyak rencana cadangan.

Mengutip dari Business Insider, berikut adalah 4 tanda umum yang mengindikasikan kita belum siap untuk pensiun dini.

Baca Juga: Ini Cara Cerdas Pensiun Dini Agar Bisa Nikmati Hidup, Harus Disiplin?

1. Tabungan Tidak Berada di Tempat yang Tepat

Meskipun kita sudah menyimpan uang tabungan pensiun kita di rekening khusus, mungkin saja kita tetap tidak dapat pensiun secepat rencana.

Pasalnya, ada beberapa ketentuan yang berlaku di dalam pengambilan uang pensiun. Jika persyaratan tersebut dilanggar, maka tentunya kita bisa terkena denda penalti.

Untuk itu, kita perlu memiliki tabungan lain di luar rekening pensiun. Misalnya di beberapa instrumen investasi atau di deposito. Jangan sampai, uang kita berada di tempat yang salah.

2. Tidak Memiliki Rencana Cadangan

Setelah pensiun, ada banyak hal tidak terduga yang bisa saja terjadi. Misalnya, kehidupan yang berbeda dari bayangan, adanya pengeluaran tidak terduga, adanya gejolak ekonomi dan sebagainya.

Tidak menutup kemungkinan, kita akan berada di posisi yang mengharuskan kita untuk kembali bekerja atau menghasilkan uang tambahan. Berbagai hal ini sangat penting untuk direncanakan sejak sekarang.

Source : Business Insider

Editor : Cerdas Belanja

Baca Lainnya

Latest