Daftar Lengkap Jenis Reksa Dana Beserta Profil Risiko, Wajib Tahu!

Senin, 01 Maret 2021 | 13:00
hoto by Gabby K from Pexels

Investasi reksa dana

CERDASBELANJA.ID – Berbicara tentang investasi, sepertinya banyak hal menarik yang bisa dibahas ya.

Dengan belajar investasi, kita mendapat banyak pengetahuan tentang dunia finansial.

Salah satu investasi yang banyak menjadi pertimbangan dan dipilih adalah Reksa Dana. Secara umum, terdapat empat jenis Reksa Dana yang cocok untuk pemula.

Baca Juga: Ini Addison Rae, Influencer TikTok Berpenghasilan Rp71,6 miliar

Untuk membantu dalam menentukan Reksa Dana yang sesuai dengan profil risiko kita, yuk simak penjelasannya berikut ini.

1. Reksa Dana Pasar Uang

Jenis reksa dana yang pertama adalah reksa dana pasar uang di mana punya risiko relatif rendah dari sisi default.

Reksa dana jenis ini cocok investor pemula yang ingin berinvestasi jangka pendek.

Selain itu reksa dana pasar dana uang juga akan cocok untuk investor konservatif, atau investor yang masih menghindari risiko investasi yang terlalu besar (risk averse).

Reksa dana pasar uang sendiri Ini adalah reksa dana yang kebijakannya menginvestasikan hingga 100% dana dalam instrumen pasar uang.

Baca Juga: Dukung Pemulihan Ekonomi, Investree Pasarkan Sukuk Ritel Seri SR014

2. Reksa Dana Pendapatan Tetap

Reksa dana pendapatan tetap adalah jenis reksa dana yang kebijakannya menginvestasikan setidaknya 80% pada efek utang atau instrumen obligasi lain dengan jangka waktu lebih dari 1 tahun.

Tingkat risiko jenis reksa dana ini lebih tinggi daripada reksa dana pasar uang, dan berada dalam kisaran konservatif hingga menengah, tergantung pada strategi investasi reksa dana dan seberapa besar toleransi penerbit obligasi terhadap risiko gagal bayar.

3. Reksa Dana Campuran

Reksa dana campuran adalah jenis reksa dana yang memiliki kebijakan untuk melakukan investasi pada instrumen saham, obligasi, dan pasar uang dengan komposisi maksimal 79%.

karena jenis reksa dana campuran ini memiliki komposisi saham yang lebih besar jika dibandingkan yang lainnya, maka tingkat risiko yang dimiliki juga lebih tinggi.

4. Reksa Dana Saham

Baca Juga: Jadi Influencer, Nenek Hits Ini Pasang Tarif Rp140 juta per Postingan

Reksa dana saham adalah jenis reksa dana yang paling berisiko karena memiliki kebijakan yang mengharuskan investasi sahamnya menyumbang setidaknya 80% dari total nilai aset permanennya.

Dibandingkan dengan instrumen lainnya, saham adalah instrumen yang bisa memberikan potensi keuntungan tertinggi, namun begitu juga dengan tingkat risikonya.(*)

Editor : Yunus

Baca Lainnya