Cara Berbisnis di Masa Pandemi ala Erick Thohir, Patut Dicoba!

Jumat, 19 Februari 2021 | 12:00
Instagram/ @erick_thohir

Erick Thohir

CERDASBELANJA.ID - Selama masa pandemi ini, tak sedikit orang yang kehilangan pekerjaan.

Karena itu, banyak dari mereka yang mencoba peruntungan dengan memulai membuka bisnis.

Bagi kita yang sedang merintis usaha, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memilikicara berbisnis di masa pandemi Covid-19.

Dikutip dariKompas.com,berikut ini 4 tips untuk kita yang ingin berbisnis di masa pandemi.

Baca Juga: Cara Kirim dan Ambil Uang di DANA Tanpa Rekening, Mudah dan Cepat

1. Manfaatkan Teknologi

Menurut Erick Thohir, pola berbisnis di masa pandemi Covid-19 bergeser ke ranah digital.

Oleh karena itu, kita harus memanfaatkannya untuk mengembangkan bisnis kita.

“Kalau saya tambahin karena background-nya media, yaitu content. Karena memang industri ini akan terus berkembang, apalagi akses daripada digitalisasi akan terus berpenetrasi,” ujar Erick, Rabu (28/10) lalu.

2. Beradaptasi dengan Zaman

Erick juga mengatakan bahwa kemampuan beradaptasi dengan zaman harus kita miliki agar produk kita disukai pasar.

Ia mencontohkan, bisnis yang mempunyai peluang besar di masa pandemi Covid-19 ini adalah makanan sehat.

Pasalnya, dengan adanya pandemi ini pola hidup masyarakat berubah.

“Sekarang dengan isu Covid ini salah satunya makanan sehat. Apakah itu vegan, ini adalah opportunity baru,” ungkapnya.

Baca Juga: Cara Jaga Kelangsungan Bisnis di Tengah Pandemi, Wajib Tahu!

3. Memiliki Produk yang Berbeda

Erick menyarankan agar produk yang kita jual memiliki perbedaan dengan produk pesaing.

Dengan perbedaan itu, produk kita bisa menjadi unggulan di pasaran.

"Harus berkolaborasi, tapi jangan lupa produk diferensiasi, itu penting. Punya produk yang punya unggulan dengan market yang terbentuk,” kata dia.

4. Ciptakan Tren

Erick berpendapat bahwa generasi muda Indonesia memiliki potensi untuk menciptakan tren.

Hal ini bisa dilihat dari pengaruh media sosial yang begitu kuat.

Dengan begitu, masyarakat Indonesia diharapkan bisa menangkap peluang bisnis yang menjanjikan.

Baca Juga: Jangan Ragu, Ini 6 Keuntungan Promosikan Bisnis Kita di Instagram

“Nah itu yang saya bilang dari awal, jadilah generasi produktif, jangan jadi generasi konsumtif. Karena kalian yang menciptakan tren itu dan terbukti anak muda Indonesia bisa menciptakan tren."

"Apalagi dengan sosial media kita yang sekarang, semoga aja yang hoaks tidak diviralkan. Ini yang diviral-viralin jadi tren. Ini yang kita harapkan jadi opportunity,”ujarnya. (*)

Editor : Yunus

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya