Selama Pandemi, Penjualan Produk F&B di Tokopedia Meningkat 3x Lipat

Kamis, 28 Januari 2021 | 21:00
Dok. Tokopedia

Selama Pandemi, Penjualan Produk F&B di Tokopedia Meningkat 3x Lipat

CERDASBELANJA.ID – Pada awal pandemi, transaksi digital mulai meningkat drastis, khususnya di dalam kategori makanan.

Peningkatan ini pun dirasakan juga oleh Tokopedia. Pasalnya, sejak awal pandemi Tokopedia mulai Tokopedia menggencarkan kolaborasi dengan pegiat usaha lokal makanan dan minuman, salah satunya lewat kampanye Tokopedia Nyam.

AVP of Category Development for FMCG and Long Tail Categories Tokopedia Jessica Stephanie Jap mengatakan, Tokopedia Nyam lahir dari animo masyarakat yang selama pandemi ini banyak mencari makanan dan minuman secara online.

Baca Juga: Finansial Pernah Tak Aman, Ini Cara Rinni Wulandari Atur Keuangan

“Itu yang memang kita hadirkan untuk masyarakat, yaitu kemudahan untuk bisa mencari barang-barang yang mereka inginkan di dalam Tokopedia,” ujar Jessica di dalam konferensi pers virtual, Kamis (28/1).

Kehadiran Tokopedia Nyam dan sederet inisiatif lainnya telah mendorong kenaikan transaksi pada kategori F&B.

Tokopedia mencatat, menjelang akhir tahun 2020 transaksi kategori F&B di Tokopedia meningkat mencapai lebih dari 3x lipat.

Selama bulan Desember 2020, julah transaksi makanan siap masak pun mengalami peningkatan tajam menjadi hampir 3,5x lipat.

Selain itu, selama bulan Desember 2020 jumlah penjual makanan siap masak di Tokopedia juga bertambah menjadi hampir 3x lipat, apabila dibandingkan dengan sebelum pandemi.

Jessica menjelaskan, beberapa produk yang menjadi unggulan dan paling banyak dibeli di dalam Tokopedia Nyam adalah produk kopi literan, makanan khas Korea seperti tteokbokki, camilan seperti pisang goreng madu, snack-snack Indonesia, serta buah mangga.

Baca Juga: Promo Gajian Untung Alfamart, Tetap Hemat Belanja Akhir Bulan

Adapun untuk pengantaran makanan dalam Tokopedia Nyam, Tokoepedia bekerja sama dengan banyak partner mitra strategis.

Tidak hanya ojek online, Tokopedia juga menggandeng mitra ogistik untuk mengantarkan makanan ke luar pulau.

Untuk target 2021 sendiri, Jessica mengatakan pihaknya tidak memilik target transaksi atau target pertumbuhan khusus.

Jessica bilang, ia hanya ingin bisa memperbesar cakupan Tokopeda Nyam dan menangkap animo masyarakat seluas mungkin.

“Jadi yang terpenting kita bisa memberikan panggung yang sebanyak-banyaknya lagi dan sebaik-baiknya lagi untuk teman-teman UMKM untuk menyajikan makanan ke masyarakat,” kata Jessica.

Selain menyediakan platform Tokopedia Nyam, Jessica Jap bersama hampir 90 karyawan Tokopedia yang dipimpinnya juga konsisten menghadirkan berbagai inovasi demi terus mendukung pegiat usaha lokal di industri makanan dan minuman.

Baca Juga: Punya Banyak Jenis, Kenali 10 Jenis Mata Uang Cryptocurrency

Misalnya melalui inisiatif seperti #SatuDalamKopi dan Tokopedia Nyam yang berhasil mendorong pelaku usaha di Indonesia terus beroperasi secara online. Terutama di tengah pandemi.

Selain memberikan panggung kepada pegiat usaha lokal, inisiatif-inisiatif ini juga diharapkan dapat mendorong lebih banyak masyarakat bangga akan produk buatan Indonesia.

Selain menginisiasi berbagai kampanye yang relevan, Jessica dan tim juga secara langsung memberikan pendampingan penggunaan platform Tokopedia bagi para pegiat bisnis, khususnya UMKM.

Misalnya untuk meng-upload produk, menerima pesanan hingga melakukan pengiriman secara mandiri.

Kelas online atau webinar edukasi pun diadakan untuk pebisnis baru maupun yang sudah menjadi penjual di Tokopedia. (*)

Editor : Yunus

Baca Lainnya