Adaptasi di Tengah Pandemi, Ini Sederet Inovasi Baru dari Traveloka

Kamis, 28 Januari 2021 | 14:30
Dok. Traveloka

Adaptasi di Tengah Pandemi, Ini Sederet Inovasi Baru dari Traveloka

CERDASBELANJA.ID – Selama pandemi Covid-19 meluas di Indonesia, banyak sektor yang ikut terdampak, termasuk perusahaan di bidang pemesanan tiket dan hotel seperti Traveloka.

Situasi pandemi, telah menurunkan jumlah pengguna harian pada platform Traveloka sampai dengan 70% sejak bulan Maret 2020.

Selain itu, keadaan ini juga menaikkan permintaan refund hingga 10x dengan ribuan permintaan per menitnya pada bulan April 2020 lalu.

Baca Juga: Promo Gajian, Dapatkan Berbagai Diskon Spesial Belanja di Superindo

Untuk beradaptasi di tengah pandemi ini, Traveloka kemudian melakukan sejumlah inovasi di bidang teknologi.

Co-Founder Traveloka Albert mengatakan, di masa pandemi seperti sekarang, Traveloka turut memastikan bahwa berbagai inovasi berbasis teknologi dan inisiatif yang dilakukan tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan pengguna yang terus berubah.

Namun, juga untuk mendukung upaya-upaya pemerintah dalam menghadapi pandemi. dengan mengedepankan kepatuhan kepada protokol kesehatan.

“Untuk mengantisipasi kebutuhan pengguna, kami telah meluncurkan beragam produk dan fitur inovatif untuk memenuhi kebutuhan perjalanan dan gaya hidup. Mulai dari faktor jaminan protokol kesehatan, potongan harga, hingga fleksibilitas,” ujar Albert dalam diskusi virtual yang dikutip, Rabu (27/1).

Berbagai terobosan ini pun mendapatkan sambutan yang sangat baik dari masyarakat.

Hal ini, terlihat dari peningkatan jumlah pengguna harian yang hampir mencapai 100% sejak Juni hingga akhir tahun 2020.

Baca Juga: Banyak Diminati, Kenali Apa Itu Cryptocurrency dan Blockchain

Adapun sejumlah inovasi tersebut di antaranya adalah Online Xperience.

Online Xperience merupakan platform pemesanan beragam produk aktivitas liburan dan gaya hidup yang menawarkan lebih dari 100 sesi unik yang dirancang untuk mendorong pengguna agar tetap menikmati waktu luang di rumah bersama keluarga.

Sejak diluncurkan 15 Juni 2020, sudah ada lebih dari 100.000 pengguna yang telah menikmati beragam pengalaman yang disediakan.

Kemudian, ada pula Traveloka Eats Delivery yang diluncurkan di Oktober 2020 lalu. Traveloka Eats Delivery menghadirkan layanan antar makanan dari lebih dari 200 restoran favorit ke rumah pengguna.

Selain itu, Traveloka juga meluncurkan produk terbaru berupa Traveloka Covid-19 Test yang dapat diakses melalui Traveloka Xperience untuk membantu pengguna melakukan uji tes polymerase chain reaction (PCR) dan rapid test.

Kehadiran produk Traveloka Covid-19 Test diharapkan dapat memudahkan pengguna untuk melengkapi persyaratan dokumen perjalanan yang diwajibkan oleh pemerintah.

Baca Juga: Tampil Nyaman di Masa Pandemi dengan 3 Koleksi Uniqlo Terbaru

Di sisi lan, sepanjang tahun 2020 ada sebanyak 200.000 tes Covid-19 yang telah dipesan oleh pengguna Traveloka.

Selain inovasi tersebut, Traveloka juga meluncurkan kampanye Clean Partners demi membantu para mitra untuk menerapkan protokol kesehatan dan membantu pengguna saat menentukan pilihannya.

Sejak Agustus 2020, pengguna Traveloka juga dapat memanfaatkan Clean Accommodation untuk memilih akomodasi yang telah memenuhi Protokol CHSE (Clean, Health, Safety, and Environment) yang direkomendasikan WHO.

Sampai saat ini, sudah ada lebih dari 1.000 mitra di 90 kota yang mengaplikasikan protokol tersebut.

Traveloka juga meluncurkan CleanTrip Bus & Shuttle untuk menghadirkan perlindungan ekstra bagi para penumpang selama di perjalanan.

Berkolaborasi dengan lebih dari 20 mitra, program ini telah menarik lebih dari 36.000 pengguna sejak diluncurkan pada Juli 2020.

Baca Juga: Promo Terbaru Marugame Udon, Nikmati Menu Diskon Beli 1 Gratis 1

Terakhir, layanan Clean Xperience membantu pengguna memilih lebih dari 1.000 mitra dari 12 tipe industri di lebih 64 kota yang telah berkomitmen untuk menerapkan standar protokol kesehatan.

Misalnya seperti pembatasan sosial, petugas yang memakai peralatan pelindung, dan pengecekan suhu tubuh pegawai dan pengunjung. (*)

Editor : Yunus

Baca Lainnya