Follow Us

Cara Menghilangkan Keloid dan Bekas Luka, Obat Ini Bisa Jadi Solusinya

Annisa Octaviana - Rabu, 22 Februari 2023 | 19:00
Cara menghilangkan keloid
iStockphoto

Cara menghilangkan keloid

CERDASBELANJA.ID – Sobat Cerdas punya keloid atau bekas luka? Mungkin, kamu perlu cara menghilangkan keloid dan bekas luka seperti berikut ini.

Cara menghilangkan keloid dan bekas luka bisa dilakukan dengan beberapa cara.

Jadi, buat kamu yang sedang berjuang untuk menghilangkan keloid atau bekas luka, simak cara menghilangkan keloid dan bekas luka ini ya.

Sebagai informasi, keloid adalah jenis benjolan yang terjadi pada kulit yang terdiri dari jaringan ikat yang terlalu banyak.

Beberapa faktor yang dapat menjadi timbulnya keloid antara lain adalah genetik dari keluarga, jenis kulit, dan usia.

Luka apa saja dapat menjadi keloid, namun ada beberapa luka yang lebih beresiko menjadi keloid dibandingkan yang lain, antara lain adalah luka bakar, luka infeksi, dan luka akibat operasi.

Jika seseorang mudah terkena keloid karena faktor genetik, maka terdapat tiga cara yang dapat digunakan untuk menghindari timbulnya keloid dari dalam tubuh, yaitu:

1. Berhati-hati saat menggunakan benda tajam

Pastikan menjadi ekstra berhati-hati saat menggunakan benda tajam, seperti pisau saat memasak atau pisau cukur saat bercukur. Karena luka terbuka yang timbul di kulit dapat menjadi keloid.

2. Tidak membuat tato atau tindikan di tubuh

Tato dan menindik adalah tindakan yang dengan sengaja membuat luka di bagian permukaan kulit. Maka jika sudah mengetahui kulit mudah memiliki keloid, sebaiknya hindari membuat tato atau tindikan.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bisul Tanpa Obat, Belanja 6 Bahan Alami Ini

Halaman Selanjutnya

1 2

Editor : Cerdas Belanja

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Tag Popular