Follow Us

Bisa Cegah Diabetes! Ini Cara Belanja Pakai Indikator Kandungan Gula di Superindo

Maria Ermilinda Hayon - Senin, 06 Februari 2023 | 13:00
Peluncuran indikator gula di Superindo

Peluncuran indikator gula di Superindo

CERDASBELANJA.ID - Bagaimana cara belanja pakai indikator gula di Superindo?

Dalam rangka memperingati Hari Gizi Nasional 2023 yang jatuh pada tanggal 25 Januari, Superindo memang meluncurkan Indikator Kandungan Gula pada produk minuman dalam kemasan.

Indikator kandungan gula di Superindo ini bertujuan mengedukasi dan mengajak pelanggan untuk mengontrol jumlah konsumsi gula harian serta membantu pelanggan mencegah diabetes.

Asal tahu saja, pada 2021, International Diabetes Federation (IDF) mencatat 537 juta orang dewasa atau 1 dari 10 orang hidup dengan diabetes di seluruh dunia, dan menyebabkan 6,7 juta kematian atau 1 kematian setiap 5 detik.

Dan sebagai informasi, Permenkes Nomor 30 Tahun 2013, memberikan anjuran mengenai konsumsi gula per orang per hari adalah 10% dari total energi (200 kkal).

Konsumsi tersebut setara dengan gula 4 sendok makan atau 50 gram per orang per hari.

Makanya, penting untuk mengetahui kadar gula dengan membaca indikator kandungan gula pada produk yang akan kita beli saat belanja.

“Sistem navigasi kandungan gula atau “Indikator Gula” yang dipasang di semua gerai kami, dimulai dengan minuman dan saat ini ada 5 kategori: Jus, Minuman Siap Saji, Minuman Ringan, Tonik, dan Air minum dalam kemasan. Pada tahap selanjutnya kami akan memasukkan juga produk-produk Dairy sesuai rekomendasi BPOM, dan dalam waktu dekat kami targetkan adanya sistem navigasi nutrisi pada produk makanan," ujar Yuvlinda Susanta, General Manager of Corporate Affairs & Sustainability Superindo.

"Dengan adanya navigasi kadar gula di rak, pelanggan kami akan tertarik untuk memeriksa kadar gula pada label nutrition fact di setiap produk, sehingga membantu mereka dalam mengambil keputusan,” lanjutnya.

Panduan kandungan gula pada minuman kemasan dibuat untuk mengetahui kadar gula yang terkandung per 100ml.

Indikator warna pada label harga mengacu pada kandungan gula yang tertera pada label di setiap produk.

Editor : Cerdas Belanja

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Tag Popular