Follow Us

3 Trik Jualan di Tiktok Saat Ramadan 2023, Bisa Gaet Banyak Pelanggan!

Maria Ermilinda Hayon - Selasa, 31 Januari 2023 | 21:00
Pihak TikTok bagikan data kebisaan pengguna TikTok saat Ramadan dan bagikan trik jualan di TikTok saat Ramadan 2023

Pihak TikTok bagikan data kebisaan pengguna TikTok saat Ramadan dan bagikan trik jualan di TikTok saat Ramadan 2023

CERDASBELANJA.ID - Momen Bulan Suci Ramadan 2023 menjadi peluang kita untuk Jualan di TikTok.

Apalagi kini kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) sudah dihapuskan dan Ramadan 2023 diperkirakan lebih meriah, termasuk membuka banyak peluang bisnis seperti jualan di TikTok.

Jualan di TikTok saat Ramadan 2023 memang bisa jadi peluang emas, terlebih lagi diungkap oleh Data TikTok bahwa 67% pengguna TikTok berbelanja lebih banyak selama periode Ramadan.

Melihat ini, TikTok meluncurkan studi bertajuk "Ramadan 2023 with TikTok: Winning Hearts and Carts" yang berisi beragam tren konten dan tren perilaku pengguna TikTok yang memiliki semangat belanja tinggi selama Ramadan, guna membantu brand atau pebisnis dalam merumuskan dan memaksimalkan strategi pemasaran mereka.

Perubahan kondisi di Ramadan tahun ini, mulai dari dicabutnya PPKM hingga kenaikan harga, mendorong terjadinya perubahan gaya belanja masyarakat dalam memenuhi kebutuhan persiapan puasa dan lebaran.

"Masyarakat kini memiliki pilihan yang lebih banyak dalam berbelanja, bisa offline dan online. Belum lagi kegiatan mudik dan berpergian turut mempengaruhi titik konsumsi masyarakat, sehingga tidak lagi hanya terpusat di kota-kota besar. Selain itu, adanya kenaikan harga juga membuat konsumen menjadi lebih cermat dalam mengatur pengeluaran untuk kebutuhan pokok dan kebutuhan lainnya,” ungkap Corina Fajriyani, Senior Marketing Manager, Kantar Worldpanel Division.

Di sisi lain, Sitaresti Astarini, Head of Business Marketing TikTok Indonesia mengatakan bahwa erkat pesatnya perkembangan teknologi, konsumen menjadi semakin kritis dalam mencari sumber inspirasi dan informasi tambahan untuk membantu pengambilan keputusan.

Pemasar pun kian ditantang untuk menjadi lebih jeli dalam memanfaatkan tahapan Ramadan guna menyajikan konten promosi yang relevan, informatif, serta menghibur demi memenangkan hati para calon konsumen.

"Melalui ekosistem TikTok yang holistik, brand dapat melakukan strategi pemasaran berbasis konten yang menyeluruh, mulai dari meningkatkan awareness hingga menyediakan titik pembelian. Tentunya ini semua perlu dibalut dengan pendekatan Shoppertainment yang mengutamakan konten hiburan dan kreatif, untuk nantinya mendorong konversi atau pembelian produk," jelasnya saat ditemui di Seribu Rasa Gunawarman, 31 Januari 2023.

Resti juga memberikan beberapa trik jualan di TikTok saat Ramadan 2023 nanti agar bisa sukses, apa saja?

1.Usahakan relevansi dengan audience

Baca Juga: Ternyata Begini Cara Belanja di Tiktok Shop Agar Dapat Harga Murah

Halaman Selanjutnya

1 2 3

Editor : Maria Ermilinda Hayon

Baca Lainnya

Latest