Follow Us

4 Cara Traveling Hemat ala Astra Life, Jangan Sampai Kalap Belanja!

Wulan - Minggu, 30 Oktober 2022 | 16:00
Catat bagaimana cata traveling hemat agar tidak boros belanja
Dok. Astra Life

Catat bagaimana cata traveling hemat agar tidak boros belanja

CERDASBELANJA.ID – Tidak bisa dimungkiri, ketika traveling ke luar kota atau luar negeri kita akan kalap belanja dan membeli hal yang tidak terlalu dibutuhkan.

Tidak jarang, sikap impulsif belanja saat traveling tersebut membuat kita boros dan mengacaukan cash flow keuangan.

Untuk itu, kita perlu membuat rencana atau mengikuti cara traveling hemat agar tidak boros belanja.

Menyambut akhir tahun 2022 yang diikuti dengan pelonggaran kebijakan pemerintah dalam membuka kembali daerah-daerah wisata, aktivitas traveling pun sudah mulai aktif kembali. Masyarakat kini juga mulai menyisihkan sebagian waktu dan penghasilannya untuk traveling.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), bahkan optimistis target pergerakan perjalanan wisatawan dalam negeri akan naik hingga 1,4 miliar kali pada 2023.

Windy Riswantyo selaku Marketing & Alternate Channel Group Head Astra Life (PT Asuransi Jiwa Astra) mengatakan, pihaknya melihat meningkatnya kegiatan traveling sebagai salah satu indikator yang baik yang mana aktivitas masyarakat mulai kembali normal.

Di dalam kesempatan Bulan Inklusi Keuangan 2022 yang dicanangkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) selama bulan Oktober ini, Astra Life mengajak masyarakat agar dapat lebih bijak mengelola keuangan.

“Termasuk dalam mengelola dana traveling agar tidak mengganggu pos dana untuk kebutuhan lainnya, sehingga tetap tenang saat dan setelah traveling usai,” ujar Windy dalam keterangannya, dikutip Minggu (30/10).

Secara terperinci, berikut adalah cara traveling hemat ala Astra Life yang bisa diikuti.

1. Alokasi Anggaran dan Susun Itinerari

Untuk memastikan uang tidak tercampur dengan pos keuangan lainnya, tentukan pos keuangan khusus untuk traveling. Pastikan dana sudah disiapkan dan disarankan tidak mengganggu pos keuangan lainnya.

Jika sudah dipikirkan akan traveling dari jauh hari, menabung jadi cara awal yang direkomendasikan, sehingga dapat lebih disiplin untuk dapat mencapai target.

Editor : Yunus

Baca Lainnya

Latest