Follow Us

Inilah 5 Jenis Kelas Kereta Api, Teliti Sebelum Belanja Tiket di Pegipegi

Wulan - Minggu, 02 Oktober 2022 | 21:00
Mau belanja tiket kereta di Pegipegi? Kenali dulu apa saja jenis kelas kereta api
Shutterstock

Mau belanja tiket kereta di Pegipegi? Kenali dulu apa saja jenis kelas kereta api

CERDASBELANJA.ID – Menjelang akhir tahun, semakin banyak orang yang mulai belanja tiket kereta api untuk mempersiapkan liburan.

Namun, bagi konsumen yang jarang menggunakan kereta api, tentu akan bingung apa saja jenis kereta api dan tiket tapa yang harus dibelanjakan.

Sebelum belanja tiket kereta api, para penumpang memang perlu mengenali dulu apa saja jenis kelas kereta api yang tersedia di Indonesia.

Apalagi, kereta api menjadi salah satu transportasi favorit masyarakat Indonesia untuk bepergian. Alasannya, selain nyaman, praktis, dan murah, juga terbebas dari kemacetan lalu lintas.

Sekarang pun fasilitas kereta api sudah dirancang lebih menarik, membuat semakin banyak masyarakat yang ingin menaikinya.

Indonesia sendiri, baru saja memperingati Hari Kereta Api yang jatuh pada tanggal 28 September 2022 kemarin.

Bagi konsumen yang tertarik jalan-jalan dengan menggunakan kereta api, simak apa saja jenis kelas kereta api yang tersedia di Indonesia.

1. Ekonomi

Kelas Ekonomi paling banyak dipilih masyarakat untuk perjalanan jarak jauh. Selain karena harganya sangat terjangkau, kereta kelas ini juga menyediakan pemberhentian di stasiun-stasiun kota kecil.

Untuk sekali keberangkatan, kereta api kelas Ekonomi mampu memuat sampai 160 penumpang di setiap gerbong.

Setiap kursi bisa diisi 2–3 orang dengan posisi duduk berhadap-hadapan. Meskipun dari segi harga terbilang murah, fasilitas kereta api kelas Ekonomi sudah memenuhi standar kenyamanan penumpang. Belakangan ini, PT Kereta Api Indonesia juga telah mengadakan gerbong ekonomi premium dengan format kursi 2-2 dan menghadap satu arah.

Adapun harga kelas Ekonomi per orang berada di rentang Rp30.000 sampai Rp340 ribuan, bergantung pada jarak dan sub-kelas yang dipilih.

Editor : Cerdas Belanja

Baca Lainnya

Latest