Follow Us

Simak Apa Saja Layanan Bank Digital yang Bisa Diakses Online, Belanja Jadi Praktis

Wulan - Kamis, 22 September 2022 | 20:00
Intip apa saja layanan bank digital yang membuat belanja jadi praktis.
iStockphoto

Intip apa saja layanan bank digital yang membuat belanja jadi praktis.

CERDASBELANJA.ID – Belakangan ini, layanan bank digital kian beragam sejalan dengan perubahan pola transaksi masyarakat menjadi online, termasuk belanja.

Layanan bank digital, juga banyak yang berfokus untuk membuat pengalaman belanja nasabah menjadi lebih mudah.

Tidak heran jika banyak masyarakat yang beralih ke bank digital karena mereka bisa menghemat banyak uang belanja.

Sebelumnya, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memaparkan definisi terkait bank digital di dalam Peraturan OJK nomor 12/POJK.03/2021.

Di dalam aturan tersebut, disebutkan bahwa Layanan Perbankan Digital adalah layanan bagi nasabah bank untuk memperoleh informasi, melakukan komunikasi, dan melakukan transaksi perbankan melalui media elektronik.

Layanan ini dikembangkan dengan mengoptimalkan pemanfaatan data nasabah, dalam rangka melayani nasabah secara lebih cepat, mudah, dan sesuai dengan kebutuhan (customer experience), serta dapat dilakukan secara mandiri sepenuhnya oleh nasabah dengan memperhatikan aspek pengamanan.

Dengan demikian, bank digital memungkinkan calon nasabah dan/atau nasabah bank melakukan transaksi seperti registrasi, pembukaan rekening, transaksi perbankan (tarik tunai, transfer dan pembayaran), dan penutupan rekening secara daring.

Mengutip dari situs OJK, berikut adalah beberapa layanan bank digital lainnya yang bisa diakses secara online dengan mudah.

1. Administrasi Pembukaan dan Penutupan Rekening

Melalui layanan perbankan digital, proses administrasi sepenuhnya dapat dilakukan melalui daring tanpa perlu mengunjungi kantor bank.

Hal yang perlu dilengkapi oleh calon nasabah ketika akan melakukan pembukaan rekening, adalah menyiapkan dokumen seperti KTP dan NPWP untuk diunggah ke sistem perbankan digital.

Kita perlu memastikan mengunggah dokumen melalui platform atau sistem yang resmi, serta jangan lupa untuk memahami terlebih dahulu dengan membaca persyaratan dan ketentuan yang berlaku.

Editor : Cerdas Belanja

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest