Follow Us

Jangan Asal Belanja, Simak Cara Beli Asuransi yang Wajib Dimiliki Pekerja

Wulan - Sabtu, 10 September 2022 | 12:00
Sebelum asal belanja, simak beberapa cara beli asuransi bagi pekerja.
Dok. Allianz

Sebelum asal belanja, simak beberapa cara beli asuransi bagi pekerja.

CERDASBELANJA.ID – Saat mempertimbangkan rekomendasi asuransi, tidak jarang kita merasa bingung dan berujung belanja sembarang asuransi.

Sebenarnya, ada banyak rekomendasi asuransi yang bisa dipertimbangkan oleh pekerja saat belanja, apalagi bagi yang sudah berkeluarga.

Rekomendasi asuransi bisa jadi pertimbangan dan persiapan dalam menghadapi situasi tidak terduga, termasuk kebutuhan belanja yang meningkat.

Chief Investment Officer PT Asuransi Allianz Life Indonesia Ni Made Daryanti menjelaskan, sangat penting mengelola keuangan secara bijaksana bagi kaum milenial, contohnya melalui asuransi.

Menurut Ni Made, sangat penting bagi kelompok produktif ini untuk dapat mengatur keuangan dengan perencanaan keuangan yang cerdas.

Hal ini karena, ada banyak hal dalam hidup yang tidak dapat dikontrol, seperti PHK atau pemotongan gaji, terserang penyakit dengan biaya pengobatan yang besar, inflasi uang pendidikan, dan sentimen negatif karena geopolitik ataupun ekonomi yang memengaruhi pasar investasi dan menyebabkan instrumen investasi kita merugi.

Ni Made menjelaskan, mengatur keuangan dapat diibaratkan dengan membangun rumah yang mana terdapat dua pilar dalam rumah keuangan kita.

Salah satu pilar tersebut, adalah dana darurat untuk berjaga-jaga di saat kondisi darurat, dengan jumlah tanggungan atau pekerjaan kita sebagai dasar penentuan berapa dana darurat yang perlu dipersiapkan. Idealnya, dana darurat dapat sebesar 3-6 bulan pengeluaran kita.

“Untuk pilar yang kedua, terdapat asuransi sebagai pilar untuk berjaga-jaga jika terjadi risiko yang tidak terduga atau tidak dapat dikontrol. Jika kedua pilar tersebut sudah kokoh, barulah kita siap untuk berinvestasi,” ujar Ni Made dalam keterangannya, Jumat (9/9).

Di dalam memilih asuransi, terdapat juga piramida asuransi dengan asuransi kesehatan menjadi prioritas utama.

Asuransi kesehatan, merupakan asuransi yang paling berdampak dalam hidup kita dan dapat dimulai dari memiliki BPJS, asuransi kantor, ataupun asuransi swasta.

Baca Juga: Semarak Shopee 9.9, Momentum Belanja Asuransi Murah untuk Masyarakat

Halaman Selanjutnya

1 2

Editor : Yunus

Baca Lainnya

Latest