Follow Us

facebookinstagramyoutube_channeltwitter

Era Social Commerce, Tren Belanja di Tokopedia Play dan Tokopedia Affiliate Meningkat

Wulan - Senin, 29 Agustus 2022 | 12:00
Tren belanja di Tokopedia Play dan Tokopedia Affiliate meningkat
Dok. Tokopedia

Tren belanja di Tokopedia Play dan Tokopedia Affiliate meningkat

CERDASBELANJA.ID – Tokopedia selama 13 tahun terus berupaya meningkatkan pemanfaatan teknologi untuk memudahkan masyarakat belanja, menemukan dan memulai apa pun, serta mencapai lebih.

Head of Sales Operation & Product Tokopedia Nirmala Rahmawati Hapsari menjelaskan, sejumlah pemanfaatan teknologi, khususnya di era social commerce ini, adalah belanja lewat Tokopedia Play.

Tokopedia Play, adalah kanal video streaming yang mempertemukan penjual dan pembeli lewat tayangan dan penawaran menarik agar bisa belanja dengan lebih interaktif.

“Kemudian, program Tokopedia Affiliate yang mana pengguna berkesempatan mendapat penghasilan tambahan dengan merekomendasikan produk dari Tokopedia,” ungkap Nirmala dalam keterangannya, Minggu (28/8).

Lewat kanal video streaming Tokopedia Play yang diluncurkan sejak 2018, masyarakat bisa mencari inspirasi–lewat berbagai tayangan menarik, seperti live shopping, memasak, olahraga, berkreasi, dan masih banyak lagi–sambil berbelanja, atau sebaliknya.

Mereka juga dapat berinteraksi langsung dengan penjual, untuk memahami perincian produk sekaligus memanfaatkan penawaran spesial.

Menurut Nirmala, nilai tambah tersebut membawa peningkatan jumlah transaksi melalui Tokopedia Play sebesar lebih dari 3 kali lipat selama 6 bulan terakhir, dibandingkan 6 bulan sebelumnya.

“Makassar, Denpasar, Indramayu, Jambi, dan Balikpapan menjadi wilayah dengan peningkatan jumlah transaksi paling tinggi di Tokopedia Play,” jelas Nirmala.

Di sisi lain, dengan Tokopedia Play, penjual dapat membangun brand awareness, meningkatkan penjualan, dan memperoleh modul edukasi seputar bisnis online untuk mengembangkan usaha.

“Selama 6 bulan ke belakang, peningkatan jumlah penjual yang menggunakan Tokopedia Play tercatat lebih dari 3 kali lipat, dibanding 6 bulan sebelumnya,” tambah Nirmala.

Pekalongan, Denpasar, Medan, Bandung, dan Semarang menjadi beberapa wilayah dengan peningkatan jumlah penjual paling tinggi di Tokopedia Play.

Baca Juga: Promo Cashback di Tokopedia, Belanja Pakai Bank Sinarmas Hemat Rp50 Ribu

Sementara itu, Klaten, Cilegon, Madiun, Tegal, dan Tasikmalaya adalah beberapa wilayah dengan peningkatan jumlah pembeli paling tinggi.

Kesehatan, Kecantikan, Makanan dan Minuman, Rumah Tangga, dan Fesyen menjadi beberapa kategori yang paling diburu masyarakat lewat Tokopedia Play setahun ke belakang.

Lewat program Tokopedia Affiliate, masyarakat bisa mendaftar sebagai Affiliate dan mempromosikan jutaan produk yang ada di Tokopedia menggunakan link khusus, di media sosial mereka.

Jika produk berhasil terjual melalui link khusus itu, Affiliate tersebut akan mendapatkan komisi hingga 10%.

Selain membuka kesempatan kepada Affiliate untuk menambah penghasilan, program ini juga membantu penjual di Tokopedia untuk memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan penjualan.

Program ini, di sisi lain dapat membantu masyarakat umum mengakses produk yang sudah direkomendasikan oleh Affiliate, sekaligus kerabat atau rekan terpercaya mereka.

“Sejak diluncurkan pada Maret 2022, jumlah Affiliate terdaftar sudah mencapai ratusan ribu. Kabupaten Bogor, Jayawijaya, dan Sidoarjo menjadi wilayah dengan peningkatan jumlah Tokopedia Affiliate terdaftar paling tinggi selama tiga bulan terakhir dibanding tiga bulan sebelumnya,” kata Nirmala.

Selain itu, Kecantikan, Kesehatan, Makanan dan Minuman, Handphone dan Tablet, serta Ibu dan Bayi, menjadi beberapa kategori yang paling banyak direkomendasikan dan dibagikan di media sosial oleh para Tokopedia Affiliate terdaftar.

“Di umur Tokopedia yang ke-13 ini, kami harap para Tokopedia Affiliate terdaftar dapat terus berkolaborasi membantu UMKM beradaptasi dengan perkembangan era digital 13ersama Tokopedia, khususnya, karena Tokopedia terdiri dari sekitar 12 juta penjual yang hampir 100%nya UMKM,” tutup Nirmala.

Tren Belanja Online di Tokopedia Play Selama September 2021-Agustus 2022

Produk Paling Populer

Kesehatan: Masker Medis, Obat Batuk dan Pilek, Vitamin C.

Kecantikan: Bedak Wajah, Lipstik, Maskara.

Baca Juga: 3 Cara Belanja Hemat di Akhir Bulan, Manfaatkan Promo di Tokopedia

Makanan dan Minuman: Cokelat, Keripik, Wafer.

Rumah Tangga: Wajan, Sprei dan Bed Cover, Hiasan Tanaman.

Fesyen: Cardigan Wanita, Hijab Segi Empat, Sandal Pria.

Salah satu pembelian tercepat terjadi dalam waktu 1 detik pada program ‘Special Payday!’

Tayangan live shopping yang paling banyak ditonton, yakni Waktu Indonesia Belanja Spesial Ultah Tokopedia, Serbu Gadget Serba 11 Ribu, Bagi-bagi Motor Yamaha Bareng Nagita Slavina.

Temuan Menarik Tokopedia Affiliate Program Selama Maret-Agustus 2022

Produk Paling Banyak Direkomendasikan dan Dibagikan di Media Sosial

Kecantikan: Serum, Pembersih Wajah, Krim Wajah.

Kesehatan: Detergen, Masker, Tisu.

Makanan dan Minuman: Mie Instan, Minyak Goreng, Keju.

Handphone dan Tablet: Perangkat Lunak Android, Nomor Perdana, Kabel Data.

Ibu dan Bayi: Susu, Popok Sekali Pakai, Minyak Telon.

Jumlah transaksi melalui Tokopedia Affiliate selama tiga bulan terakhir dibandingkan tiga bulan sebelumnya meningkat 1,5 kali lipat. (*)

Editor : Cerdas Belanja

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Tag Popular

x