Follow Us

Berbahaya untuk Tubuh, Catat Dampak Negatif Terlalu Sering Begadang

Wulan - Jumat, 22 Juli 2022 | 19:00
Catat apa saja dampak buruk bergadang
Shutterstock

Catat apa saja dampak buruk bergadang

CERDASBELANJA.ID – Belakangan ini, generasi muda sering kali terjebak dalam fenomena hustle culture yang menuntut seseorang bekerja terlalu keras hingga kerap begadang.

Padahal, penting bagi generasi muda untuk dapat memiliki waktu jam tidur yang cukup untuk istirahat sesuai dengan porsinya, agar terhindar dari kebiasaan begadang yang dapat menimbulkan berbagai penyakit.

VP, Head of Marketing & Branding and Digital Channel Astra Life Windy Riswantyo mengatakan, berbagai tuntutan kebutuhan hidup sering kali membuat seseorang terpacu untuk bekerja lebih giat agar bisa memperoleh penghasilan yang lebih besar.

Namun, keinginan ini sering kali mengabaikan faktor lain yang sebetulnya penting untuk diperhatikan, misalnya kesehatan.

Untuk itu, PT Asuransi Jiwa Astra (Astra Life) mengajak generasi muda untuk memiliki pola hidup yang seimbang dengan istirahat yang cukup.

“Kami juga mengajak generasi muda mengurangi kebiasaan begadang, serta mengingat kembali bahwa kesehatan adalah hal yang terpenting untuk bisa terus menikmati dan mencintai hidup,” ujar Windy dalam keterangannya, dikutip Jumat (22/7).

Selain mengantuk dan kelelahan, kebiasaan begadang karena terlalu sibuk bekerja juga berpotensi menimbulkan berbagai risiko penyakit.

Mulai dari obesitas, diabetes, kanker, hipertensi, dan penyakit jantung karena metabolisme tubuh yang tidak seimbang akibat kurangnya jam istirahat.

Selain itu, kebiasaan begadang juga bisa berpengaruh pada stabilitas emosi dan psikologis. Apalagi jika disertai dengan beban pekerjaan yang padat yang bisa membuat seseorang menjadi burn-out.

Baca Juga: Hadir 36 Tahun di Indonesia, Chubb Life Hadirkan Sejumlah Inovasi Baru

Selain itu, rasa kantuk akibat kebiasaan begadang juga bisa memengaruhi konsentrasi dan daya ingat.

Editor : Cerdas Belanja

Baca Lainnya

Latest