Follow Us

Kenali Pesawat Pilatus Porter Susi Air, Tangguh Terbang di Medan Berat

Wulan - Kamis, 23 Juni 2022 | 19:00
Ilustrasi pesawat Susi Air
instagram.com/susiairofficial

Ilustrasi pesawat Susi Air

CERDASBELANJA.ID – Pada Kamis (23/6) pagi tadi, pesawat Susi Air dikabarkan mengalami kecelakaan dalam perjalanan dari Timika menuju Duma.

Pesawat perintis jenis Pilatus Porter PC-6 PK BVM tersebut, dikabarkan hilang kontak sekitar pukul 08.20 WIT.

Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 9 tahun 2016 tentang Kriteria dan Penyelenggaraan Kegiatan Angkutan Udara Perintis menjelaskan, angkutan udara perintis adalah angkutan udara yang hadir untuk menghubungkan daerah terpencil, tertinggal, dan belum terlayani oleh moda transportasi lain, dan secara komersial belum menguntungkan.

Selain itu, angkutan udara perintis juga hadir untuk mendorong pertumbuhan dan pengembangan wilayah, serta untuk mewujudkan stabilitas pertahanan dan keamanan negara, seperti contohnya di daerah perbatasan.

Berdasarkan keterangan, pesawat Susi Air PK-BVM take off dari Timika pukul 20.34 utc (05.34 WIT) dan membawa 6 orang penumpang dan 1 pilot. Pesawat tersebut, dijadwalkan tiba di Timika kembali sekitar pukul 08.00 WIT.

Pada Pukul 06.00 WIT, Basarnas Command Center di Jakarta mendeteksi sinyal distress alert dari pesawat dengan registrasi PK BVM milik Susi Air tersebut.

Diketahui pesawat dengan POB 7 orang tersebut diperkirakan jatuh di Koordinat 04°02' 54.00"S / 136° 43' 0600E, jarak 38 Miles, radial 343.81° dari Timika.

Kantor SAR Timika yang menerima berita tersebut, langsung berkoordinasi dengan instansi terkait dan menyiapkan 1 tim SAR untuk melaksanakan operasi SAR.

Pada pukul 06.14 WIT tim SAR Kantor SAR Timika sudah berada di Bandara Moses Kilangin untuk merencanakan proses operasi SAR bersama instansi terkait.

Baca Juga: Pesawat Susi Air Rute Timika-Duma Kecelakaan, Semua Penumpang Dikabarkan Selamat

Pukul 11.16 WIT, 1 TIM SAR gabungan dari Kantor SAR Timika dan TNI AU diberangkatkan menuju lokasi jatuhnya pesawat menggunakan Heli Caracal TNI AU untuk mengevakuasi korban.

Pemilik Susi Air, Susi Pudjiastuti mengabarkan langsung kejadian tersebut melalui akun Twitter-nya @susipudjiastuti.

Editor : Presi

Baca Lainnya

Latest