Follow Us

Tokopedia Hadirkan Belanja Otomatis Donasi, Pemilik Warung Bisa Jualan Sambil Berbagi

Wulan - Senin, 25 April 2022 | 20:00
aplikasi Mitra Tokopedia
Dok. Tokopedia

aplikasi Mitra Tokopedia

CERDASBELANJA.ID – Sepanjang 2021, masyarakat Indonesia telah menyumbang lebih dari Rp160 miliar lewat fitur Donasi, Zakat, dan Qurban di Tokopedia.

“Hal ini, menunjukkan bahwa semangat masyarakat dalam berbagi kebaikan tetap tinggi walau di tengah pandemi,” ujar Head of New Retail Tokopedia Karina Susilo dalam keterangannya, dikutip Sabtu (23/4).

Melihat animo tersebut, di bulan suci ini Tokopedia melalui ekosistem Mitra Tokopedia menghadirkan kampanye Ramadan Berlipat Nikmat, salah satu programnya adalah Belanja Otomatis Donasi.

Melalui program Belanja Otomatis Donasi, para pegiat usaha tradisional, seperti pemilik warung dan toko kelontong, bisa berbagi kepada masyarakat yang membutuhkan.

“Tokopedia, nantinya akan membantu menyalurkan donasi dari para pegiat usaha tradisional yang bergabung dalam Mitra Tokopedia kepada anak-anak, yatim piatu, kaum dhuafa dan para lansia dalam bentuk sembako,” jelas Karina.

Salah satu pegiat usaha tradisional di Mitra Tokopedia yang mengikuti program ini, adalah Iswandi.

Iswandi adalah pemilik warung di Tulungagung, Jawa Timur yang sudah berjualan lebih dari 20 tahun, lalu memutuskan bergabung dengan Mitra Tokopedia pada September 2021.

Iswandi bercerita, anak-anak di sekitar sini suka jajan di warungnya, terkadang ketika membayar uangnya kurang.

Namun, ia tidak mencatatnya sebagai utang. Sebagai gantinya, Iswandi meminta mereka membaca hafalan surat-surat pendek Alquran, ia membuat pertanyaan ringan terkait pelajaran di sekolah.

Baca Juga: Hari Kartini, Intip Inisiatif Tokopedia dan UMKM dalam Memberdayakan Perempuan

“Hitung-hitung sedekah dan juga menambah ilmu anak-anak sekitar,” katanya.

Karina mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi para pegiat usaha tradisional yang telah berdonasi, salah satunya Pak Iswandi.

Editor : Presi

Baca Lainnya

Latest