Follow Us

Bisa Mulai Liburan, Wisatawan dari Batam-Bintan Bisa Masuk Singapura Tanpa Karantina

Wulan - Selasa, 01 Maret 2022 | 20:00
ilustrasi negara Singapura
unsplash.com/Swapnil Bapat

ilustrasi negara Singapura

CERDASBELANJA.ID – Beberapa negara sudah mulai memperbolehkan wisatawan asing masuk ke negaranya dengan skema tertentu.

Hal ini kemudian memungkinkan kita berwisata kembali ke berbagai negara, asalkan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Salah satu negara yang membuka pintu wisatanya adalah Singapura. Kini, warga Indonesia yang pergi ke Singapura lewat Batam dan Bintan, tidak perlu melakukan karantina lagi.

Mengutip dari Kompas.com, Singapura telah meluncurkan skema Jalur Perjalanan Vaksinasi (VTL) pertama lewat laut, dari Batam dan Bintan, Indonesia, sejak 25 Februari 2022. Ini merupakan upaya memulihkan konektivitas transportasi secara berkala.

Di sisi lain, Indonesia juga telah mengizinkan wisatawan dari Singapura untuk melakukan perjalanan, di bawah skema Travel Bubble ke Terminal Feri Internasional Nongsapura (NIFT) di Batam dan Terminal Feri Bandar Bintan Telani (BBTFT) di Bintan, tanpa perlu karantina.

Dengan demikian, kedua skema, baik VTL maupun Travel Bubble akan sama-sama memfasilitasi perjalanan bebas karantina dua arah antarnegara.

"Wisatawan dari Batam dan Bintan yang telah divaksinasi penuh, diperbolehkan memasuki Singapura di bawah VTL Sea mulai 25 Februari 2022, dan aplikasi untuk Pass Perjalanan Bervaksinasi (VTP laut) akan dibuka pada 22 Februari 2022 pukul 10.00 waktu Singapura," demikian isi kutipan mpa.gov.sg, Rabu (16/2).

Adapun tiga pelabuhan di Kepulauan Riau yang dapat menjadi pintu masuk bagi pelaku perjalanan luar negeri (PPLN), adalah Pelabuhan Batam, Pelabuhan Tanjung Pinang, dan pelabuhan Bintan.

Sebagai permulaan, VTL laut akan memungkinkan hingga 350 pelancong setiap minggu dari NIFT di Batam, serta 350 pelancong lainnya setiap minggu dari BBTFT di Bintan ke Terminal Feri Tanah Merah (TMFT) Singapura.

Baca Juga: Ini 5 Destinasi Wisata di Turki Favorit Artis Indonesia, Apa Saja?

Selanjutnya, untuk layanan feri VTL laut yang ditunjuk antara TMFT dan NIFT/ BBTFT, masing-masing akan dioperasikan oleh operator feri regional Batam Fast dan Bintan Resort Ferries.

Semua wisatawan yang memasuki TMFT Singapura di bawah VTL laut dengan Batam dan Bintan, harus mematuhi persyaratan perjalanan VTL yang selaras dengan persyaratan yang berlaku, untuk perjalanan di bawah VTL udara.

Editor : Cerdas Belanja

Baca Lainnya

Latest