Follow Us

Harga Kedelai Melambung, Tahu dan Tempe akan Naik Harga Minggu Depan

Wulan - Jumat, 18 Februari 2022 | 09:00
Kacang kedelai
pixabay

Kacang kedelai

CERDASBELANJA.ID – Saat ini, para produsen tahu dan tempe sedang dilanda dilema akibat harga kedelai yang melonjak tinggi.

Berdasarkan data Chicago Board of Trade (CBOT), harga kedelai dunia pada minggu kedua Januari 2022 sekitar USD13,77 per bushels, atau setara dengan USD505 per ton.

Harga ini, naik dari kondisi minggu pertama Januari 2022, yaitu USD13,15 per bushels, atau setara USD483 per ton.

Dengan demikian, landed price diperkirakan berada di kisaran Rp8.500 per kilogram dan harga di tingkat importir diperkirakan Rp9.300 per kilogram.

Mengutip dari Kompas.com, Ketua Umum Gabungan Koperasi Produsen Tempe Tahu (Gakoptindo) Aip Syarifuddin mengatakan, mulai Senin (21/2) mendatang harga tahu dan tempe di pasar akan mengalami kenaikan.

Hal ini, kata dia, sejalan dengan harga kedelai yang saat ini sudah tembus Rp11.000 per kilogram. Harga tersebut, bahkan bisa lebih tinggi di daerah-daerah yang berada di luar Pulau Jawa.

"Harga kedelai sekarang Rp 1.000 itu untuk di Jakarta saja ya. Kalau di daerah-daerah lain bisa saja lebih dari itu," kata Aip saat dihubungi Kompas.com, Selasa (15/2).

Aip membeberkan, tahu atau tempe 300 gram yang sebelumnya dihargai Rp5.000, minggu depan bisa naik menjadi Rp6.000.

"Naiknya enggak seberapa, hanya Rp1.000, ini juga kami terpaksa. Sangat-sangat terpaksa menaikkan harga karena harga dari bahan baku saja sudah naik. Dari penghasilan kami itu untuk bertahan hidup," ungkap Aip.

Baca Juga: Berantas Penimbun, Kemendag Minta Shopee hingga Tokopedia Take Down Penjual Minyak Goreng di Atas Harga Eceran Tertinggi

Namun, Aip berharap masyarakat bisa memaklumi kenaikan harga tahu dan tempe di pasar tradisional yang lebih mahal Rp1.000 dari biasanya.

"Tolong sekali, harap dimaklumi karena kami juga tidak mau sebenarnya, tapi terpaksa," pungkasnya.

Sebelumnya, Kementerian Perdagangan (Kemendag) melaporkan bahwa ada kenaikan harga kedelai impor di dalam negeri, seiring dengan harga kedelai global yang mengalami peningkatan.

Berdasarkan data yang dilaporkan Kemendag, harga kedelai pada minggu pertama Februari 2022 mencapai USD15,77 per bushel, atau berkisar di Rp11.240 per kilogram.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul, "Harga Tahu dan Tempe Naik Minggu Depan, Produsen: Harap Dimaklumi, Kami Terpaksa." (*)

Editor : Cerdas Belanja

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Tag Popular