Follow Us

Khusus Pasien Omicron yang Isoman, Ini Cara Dapat Telekonsultasi dan Paket Obat Gratis

Wulan - Minggu, 30 Januari 2022 | 13:00
(Ilustrasi) Stok obat COVID-19
Pixabay.com

(Ilustrasi) Stok obat COVID-19

CERDASBELANJA.ID – Kementerian Kesehatan RI, menyediakan layanan telemedisin Isoman (Isolasi Mandiri), bagi pasien terkonfirmasi Covid-19 varian Omicron.

Melalui layanan tersebut, pasien Omicron yang menjalani isoman bisa mendapatkan layanan telekonsultasi dan paket obat gratis.

Adapun untuk layanan telekonsultasi, dapat diakses melalui https://isoman.kemkes.go.id/. Saat ini, Kemenkes telah bekerja sama dengan 17 platform telemedicine, yaitu Aido Health, Alodokter, GetWell , Good Doctor, Halodoc, Homecare24, KlikDokter, KlinikGo, Lekasehat, LinkSehat, Mdoc, Milvik Dokter , ProSehat, SehatQ, Trustmedis, Vascular Indonesia, dan YesDok.

Untuk mendapatkan layanan ini, pasien harus melakukan tes PCR di laboratorium yang telah terafiliasi dengan sistem New All Record (NAR) Kementerian Kesehatan.

Jika hasilnya positif dan laboratorium penyedia layanan tes Covid-19 melaporkan data hasil pemeriksaan ke database Kemenkes (NAR), maka pasien akan menerima pesan WhatsApp dari Kemenkes RI (dengan centang hijau) secara otomatis.

Namun, apabila tidak mendapatkan WA pemberitahuan, pasien bisa memeriksa NIK secara mandiri di situs https://isoman.kemkes.go.id.

Setelah dapat WA berisi pesan pemberitahuan, pasien bisa melakukan konsultasi secara daring dengan dokter di salah satu dari 17 layanan telemedicine.

Caranya mudah, pasien hanya perlu menekan link yang ada di pesan WA dari Kemenkes atau di link yang muncul saat pengecekan NIK mandiri di situs https://isoman.kemkes.go.id/panduan.

Baca Juga: Pasien Omicron Bisa Isolasi Mandiri di Rumah, Catat Apa Saja Syaratnya!

Setelah itu, pasien bisa memasukkan kode voucher agar bisa melakukan konsultasi dan dapat paket obat gratis.

Selesai konsultasi, dokter akan memberikan resep digital sesuai kondisi pasien dan resep dapat ditebus melalui https://isoman.kemkes.go.id/pesan_obat dan mengikuti instruksi cara dapat obat secara gratis.

Perlu diingat, hanya pasien dengan kategori layak isoman (dengan kondisi tanpa gejala atau ringan) yang akan mendapatkan obat dan vitamin secara gratis.

Editor : Yunus

Baca Lainnya

Latest