Follow Us

Bisa Jadi Ikon dengan Wajah Baru, Ridwan Kamil Resmikan Alun-Alun Garut

Wulan - Selasa, 25 Januari 2022 | 12:00
Alun-alun Garut
instagram.com/ridwankamil

Alun-alun Garut

CERDASBELANJA.ID – Warga Garut kini bisa menikmati ruang publik baru yang cocok untuk menghabiskan waktu luang bersama keluarga.

Tempat tersebut, adalah Alun-alun Garut yang telah diresmikan oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

"Dari saya pribadi desain dan lain sebagainya, mudah-mudahan ini dimanfaatkan dengan baik. Apalagi lokasinya sangat bersejarah ada Pendopo, Masjid Agung, sehingga kegiatannya tentu yang kreatif dan maslahat," ujar Kang Emil dalam keterangannya, Senin (24/1).

Fasilitas ini, diharapkan bisa menjadi ikon baru Kota Garut. Apalagi, menurut Kang Emil, di alun-alun tersebut ada museum napak tilas Bupati Garut dari masa ke masa.

"Di sini dibangun panggung, ada tempat duduk, di bawahnya nanti ada museum terkait Bupati Garut dari masa ke masa," imbuhnya.

Wajah baru dari alun-alun Garut ini, memiliki 10 fasilitas penunjang, yaitu tribun dan selasar, toilet dan perpustakaan, plaza hall alun-alun, gerbang, amphitheater, tempat bermain, tugu di empat sudut, trotoar, area tempat duduk, dan area babancong.

Selain alun-alun, dalam beberapa bulan mendatang Garut juga akan mempunyai tempat wisata kelas dunia, yaitu Situ Bagendit.

Tidak hanya itu, ada pula jalur Kereta Api Bandung-Garut yang sebentar lagi bisa dipergunakan untuk menjadi pelengkap infrastruktur, dalam memulihkan ekonomi warga Kota Garut.

Kang Emil menambahkan, peresmian alun-alun ini diharapkan bisa menjadi penyemangat warga Garut dalam memulihkan ekonomi melalui pariwisata di tahun 2022.

Baca Juga: Alun-alun Kota Bogor Sudah Diresmikan, Sediakan 4 Zona Wisata Lengkap!

"Nah, mudah-mudahan di era 2022 ini kita maksimalkan penanganan Covid-19, vaksinasi saya terima laporan sudah 84%, sehingga Omicron InsyaAllah kita tangani dengan baik selama kita menjaga prokes. Fokus nanti dari Garut kebangkitan ekonomi pariwisata dan hal lainnya yang sifatnya menyemangati perjalanan Garut perbaikan Jawa Barat," jelas Kang Emil.

Pengerjaan Alun-alun Garut, memakan waktu hingga 150 hari kerja yang dikerjakan PT Tridaya Putra Bungsu, salah satu perusahaan penyedia jasa dan konstruksi lokal dari Garut.

Editor : Cerdas Belanja

Baca Lainnya

Latest