Follow Us

Terdampak Covid-19, Mercy Corps Indonesia dan DANA Dukung Pemberdayaan Pengusaha Perempuan

Wulan - Kamis, 20 Januari 2022 | 21:15
Mercy Corps Indonesia dan DANA Dukung Pemberdayaan Pengusaha Perempuan
Dok. DANA

Mercy Corps Indonesia dan DANA Dukung Pemberdayaan Pengusaha Perempuan

CERDASBELANJA.ID – Kebangkitan UMKM Jawa Timur di masa pandemi masih membutuhkan dukungan dan perhatian khusus dari berbagai pihak.

Kondisi tersebut tecermin pada tingkat pertumbuhan ekonomi Jawa Timur pada Triwulan III tahun 2020 yang hanya mencapai 3,75%.

Angka ini jauh di bawah rata-rata tingkat pertumbuhan ekonomi pada periode 2019 yang berada di angka 5%.

Padahal, UMKM berkontribusi lebih dari 50% terhadap perekonomian Jawa Timur. Kehadiran Malang Raya yang meliputi Kota Malang, Kabupaten Malang, dan Kota Batu sebagai salah satu pusat pendidikan, pariwisata, serta industri, bahkan turut menyumbang besar pada bertumbuhnya jumlah pelaku UMKM.

Melihat potensi UMKM yang begitu besar dalam memajukan Jawa Timur, maka diperlukan penguatan literasi digital lewat sinergi berbagai industri, agar UMKM mampu berkembang dan beradaptasi di masa pandemi.

Melalui dukungan VISA Foundation, Mercy Corps Indonesia (MCI) melalui program CAMELIA (Covid-19 Recovery for Women-led Small Businesses in Greater Malang), menggandeng DANA untuk mengoptimalkan kebutuhan UMKM terhadap pemanfaatan layanan keuangan digital.

Program CAMELIA sendiri, difokuskan pada program pemberdayaan bagi pengusaha perempuan yang terkena dampak Covid-19.

Executive Director Mercy Corps Indonesia Ade Soekadis mengatakan, pengalaman Mercy Corps Indonesia dalam melaksanakan berbagai program kewirausahaan, menunjukkan bahwa adanya wadah pelatihan dan pendampingan sangat dibutuhkan oleh UMKM.

Khususnya, agar UMKM mampu berkembang dalam kondisi saat ini. Oleh sebab itu, Mercy Corps Indonesia mendukung upaya pemerintah, dalam pemulihan ekonomi dari efek pandemi Covid-19.

Baca Juga: Layani Lebih dari 30 Juta Transaksi Pada 2021, DANA Terus Kembangkan Fitur Kirim Uang

Salah satunya adalah dengan menghadirkan program CAMELIA sebagai sarana edukasi, peningkatan keterampilan, dan berjejaring.

“Harapannya dari program–program yang sudah kami lakukan, bisa memberikan kemudahan dan pemberdayaan bagi pelaku usaha, agar dapat beradaptasi dan terus mengembangkan usahanya,” ujar Ade dalam keterangannya, dikutip Kamis (20/1).

Editor : Presi

Baca Lainnya

Latest