Follow Us

Bisnis Es Doger Gibran Rakabuming Terima Investasi Rp71 Miliar, Begini Tanggapan Alpha JWC Ventures

Wulan - Kamis, 20 Januari 2022 | 13:00
Gibran Rakabuming saat meresmikan Goola di Plaza Indonesia (5/7/2019)
KOMPAS.com/Nabilla Tashandra

Gibran Rakabuming saat meresmikan Goola di Plaza Indonesia (5/7/2019)

CERDASBELANJA.ID – Baru-baru ini, warganet dihebohkan dengan adanya suntikan modal sebesar Rp71 miliar ke start-up minuman Goola, milik Gibran Rakabuming Raka.

Suntikan modal kepada start-up es doger tersebut dirasa janggal dan mulai dipertanyakan.

Mengutip dari Kompas.com, hal ini terjadi setelah pakar information technology (IT) Sammy Notaslimboy menyoroti suntikan modal ke perusahaan bisnis minuman manis itu, yang salah satunya adalah es doger.

Padahal, investasi yang digelontorkan oleh Alpha JWC Ventures tersebut dilakukan pada Agustus 2019.

Goola sendiri, didirikan pada tahun 2018 oleh Kevin Susanto, Benz Budiman, dan putra Presiden Indonesia Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka.

Alpha JWC Ventures pun buka suara, setelah adanya dugaan kejanggalan investasi senilai Rp71 miliar yang dilakukannya ke perusahaan rintisan es doger milik Gibran Rakabuming Raka pada Agustus 2019.

Co-founder & General Partner Alpha JWC Ventures Chandra Tjan mengatakan, sentimen negatif ini muncul karena masyarakat masih awam tentang pendanaan modal ventura.

"Padahal sebenarnya pendanaan modal ventura, tidak mungkin bisa dilakukan tanpa pertimbangan terutama bagi VC yang independen dan institusional seperti kami," ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Selasa (18/1).

Dia pun menilai, masih banyak masyarakat yang membutuhkan edukasi yang mendalam terkait suntikan modal ke start-up, agar tidak ada kesalahpahaman yang terjadi.

Baca Juga: 3 Cara Pilih Reksa Dana ala Bibit, Sesuaikan dengan Jangka Waktu Investasi

Chandra Tjan juga menjelaskan, salah satu alasan Alpha JWC Ventures melakukan investasi ke perusahaan start-up seperti Goola, adalah untuk mendorong start-up tersebut berkembang pesat.

Chandra Tjan juga menilai, investasi senilai Rp71 miliar tersebut masih dalam jumlah wajar. Pasalnya, Alpha JWC Ventures juga menyuntikan modal ke perusahaan lain, bahkan dengan nilai yang lebih besar.

Source : Kompas.com

Editor : Presi

Baca Lainnya

Latest