Follow Us

Hari Lingkungan Hidup, UMKM Tokopedia Ajak Masyarakat Sayangi Bumi

Wulan - Selasa, 11 Januari 2022 | 18:00
Tokopedia
Dok. Tokopedia

Tokopedia

CERDASBELANJA.ID – Bertepatan dengan Hari Lingkungan Hidup Indonesia, Tokopedia membagikan dua kisah UMKM ramah lingkungan, yaitu Bukan Plastik dan Batik Mahkota Laweyan.

External Communications Senior Lead Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya mengungkapkan, Tokopedia #SelaluAdaSelaluBisa mengajak dan mendukung masyarakat Indonesia dalam berperan aktif menjaga lingkungan.

“Salah satunya, dengan memberikan panggung bagi para pegiat usaha lokal yang mengusung produk atau inisiatif ramah lingkungan,” ujar Ekhel dalam keterangannya, dikutip Selasa (11/1).

Bukan Plastik, merupakan salah satu contoh UMKM asal Semarang di Tokopedia yang menawarkan alternatif dari plastik sekali pakai.

Produk dari Bukan Plastik, menggunakan material organik yang ramah lingkungan khususnya untuk kantong belanja dan sedotan.

Berawal dari kegemaran membaca sejak kecil dan kesadaran akan pentingnya melestarikan bumi, Aisa Putri Wibowo mendirikan usaha Bukan Plastik pada April 2020, guna mengajak masyarakat maupun pegiat usaha lain dalam mengurangi penggunaan plastik sekali pakai.

Aisa menjelaskan, dalam pembuatan kantong, pihaknya menggunakan material saripati ketela yang dapat mudah terurai di tanah dalam waktu 180 hari.

“Sementara itu, untuk pengganti sedotan kami memakai bambu yang dibuat secara manual,” ungkap Aisa.

Menurut Aisa, kehadiran platform digital Tokopedia membantu Bukan Plastik mengajak lebih banyak masyarakat menggunakan produk yang lebih ramah lingkungan.

Baca Juga: 5 Fitur Jualan Unggulan di Tokopedia Buat Seller, Dijamin Dagangan Laris!

UMKM Bukan Plastik
Dok. Tokopedia

UMKM Bukan Plastik

“Lewat Tokopedia, ribuan lembar kantong belanja Bukan Plastik terjual setiap bulannya, dan penjualan kami meningkat hingga 10x lipat bahkan telah menjangkau wilayah Gorontalo,” tutup Aisa.

Editor : Cerdas Belanja

Baca Lainnya

Latest