Follow Us

Cara Mencegah Penularan Omicron ala Halodoc, Hati-Hati Covid-19 Varian Baru

Wulan - Sabtu, 18 Desember 2021 | 10:00
Ilustrasi Covid-19 varian Omicron
Pexels

Ilustrasi Covid-19 varian Omicron

CERDASBELANJA.ID – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengumumkan telah mendeteksi kasus pertama virus Covid-19 varian Omicron di Indonesia.

Hal ini disampaikan oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi pers virtual, Kamis (16/12).

Budi menjelaskan, seorang pasien berinisial ‘N’ terkonfirmasi Omicron. Pasien tersebut, adalah petugas kebersihan di rumah sakit Wisma Atlet.

Budi melanjutkan, di luar pasien yang sudah terkonfirmasi positif ini, Kemenkes juga mendeteksi 5 kasus probable Omicron.

Kelima kasus tersebut belum pasti Omicron, tetapi karena Kemenkes melakukan tes PCR dengan spesifikasi yang khusus (S-gene target failure/SGTF), Kemenkes mendeteksi ada 5 kasus yang probable Omicron.

Mengutip dari blog Halodoc, ada beberapa cara efektif yang bisa dilakukan untuk mencegah kita terpapar dari Covid-19 varian Omicron. Berikut adalah beberapa cara efektif mencegah terpapar Omicron yang bisa dilakukan.

Baca Juga: Waspada! Kemenkes Deteksi Kasus Covid-19 Varian Omicron Pertama di Indonesia

1. Rajin Mencuci Tangan

Cucilah tangan setidaknya selama 20 detik, beberapa kali sehari. Jika bisa, gunakan sabun dan air atau pembersih tangan dengan alkohol setidaknya 60%.

Beberapa waktu yang tepat untuk mencuci tangan adalah sebelum memasak atau makan, setelah menggunakan kamar mandi, dan setelah menutup hidung saat batuk, atau bersin.

Mencuci tangan bisa memungkinkan kita membunuh kuman yang ada di tangan.

2. Hindari Menyentuh Mata, Hidung, dan Mulut

Source : Halodoc.com

Editor : Cerdas Belanja

Baca Lainnya

Latest