Follow Us

Punya Prospek Cerah, Industri Pertanian Diprediksi Jadi Primadona Baru di Bursa Saham

Winda - Rabu, 08 Desember 2021 | 22:00
Sektor pertanian jadi primadona bursa saham
DOK. IPB University

Sektor pertanian jadi primadona bursa saham

CERDASBELANJA.ID – Kontribusi industri pertanian terhadap perekonomian Indonesia cukup signifikan pada dua tahun belakangan ini.

Sektor ini berhasil bertahan di tengah gempuran krisis ekonomi akibat pandemi COVID-19.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, produk domestik bruto (PDB) pertanian pada kuartal IV 2020 tumbuh sebesar 2,59% secara year on year (yoy).

Serapan tenaga kerja di sektor pertanian juga berhasil terjaga di 29,5% per Februari 2021, bahkan meningkat 0,36% dari tahun sebelumnya.

Hal tersebut terungkap dalam acara diskusi media secara virtual bertema Potensi Industri Pertanian di Pusaran Pasar Modal.

Acara tersebut diselenggarakan Departemen Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Manajemen Institut Pertanian Bogor (IPB) pada Kamis (2/12/2021).

Baca Juga: Merdeka Finansial! Ini Cara Buat Trading Plan yang Wajib Diketahui Trader agar Tak Salah Ambil Keputusan

Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Manajemen IPB, Prof. Muhammad Firdaus, S.P., M.Si. hadir sebagai narasumber utama dalam acara ini.

“Potensinya sangat besar sebagai industri yang menjanjikan dalam hal investasi, terutama jika melihat perannya yang sangat vital bagi stabilitas sebuah negara,” jelasnya.

Lebih lanjut, Prof. Firdaus mengatakan bahwa di akhir 2020, sektor pertanian menjadi satu-satunya yang bertumbuh positif (2,59%,yoy).

Nilai ekspor pertanian meningkat lebih dari 47% di 2021 dibandingkan periode 2020: lebih dari 90% dari industri makanan minuman.

Pengamat ekonomi dari Celios - Center of Economic and Law Studies, Bhima Yudhistira menjelaskan dari sisi potensi investasi.

Editor : Cerdas Belanja

Baca Lainnya

Latest