Follow Us

Tips Jaga Keamanan Akun Digital ala Google, Buat Password yang Sulit!

Wulan - Jumat, 05 November 2021 | 14:00
Ilustrasi peretasan
Unsplash

Ilustrasi peretasan

CERDASBELANJA.ID – Menjelang momen harbolnas, tingkat kejahatan digital yang menyertai aktivitas belanja akhir tahun diperkirakan meningkat drastis.

Apalagi, aktivitas berbelanja online dapat meningkat hingga 20% sehingga lebih banyak orang yang akan rentan terkena penipuan.

Oleh sebab itu, menjaga keamanan sandi (password) adalah sesuatu yang sangat penting. Kabar baiknya, sudah tersedia berbagai alat gratis untuk membantu pengguna internet menjaga keamanan sandi.

Google sendiri, menyarankan semua orang menyempatkan waktu untuk memperkuat keamanan akun digital.

Ada banyak jalan yang bisa dilakukan untuk memperkuat keamanan sandi, sehingga tidak mudah diretas atau dibobol.

Untuk membentu kita menjaga keamanan akun, Product Marketing Manager Google Indonesia Amanda Chan membagikan sejumlah tips yang bisa diikuti.

Baca Juga: Kenali Telepon dari Tim Jenius BPTN Asli, Waspada dengan Penipu

1. Bangun Kesadaran akan Keamanan, Buat Sandi yang Lebih Kuat

Menggunakan sandi yang sama untuk banyak layanan, sama seperti menggunakan kunci yang sama untuk rumah, mobil, dan kantor kita. Jika seseorang mendapatkan akses ke salah satunya, maka semuanya menjadi tidak aman.

Sama halnya dengan sandi yang lemah. Sandi yang unik dan kuat untuk setiap akun, dapat membantu mengurangi risiko ini. Pastikan setiap sandi sulit ditebak dan kalau bisa setidaknya berisi delapan karakter.

Supaya lebih mudah, pertimbangkan untuk menggunakan layanan pengelola sandi untuk membantu membuat sandi yang lebih kuat, menjaga keamanannya, dan melacak semua sandi kita.

Salah satu layanan yang disarankan, adalah Pemeriksaan Sandi di Pengelola Sandi Google yang dapat membantu memeriksa kekuatan dan keamanan semua sandi yang kita simpan.

Editor : Yunus

Baca Lainnya

Latest