Follow Us

Ini Alasan Investasi Reksadana Pasar Uang Cocok untuk Pemula

Presi - Kamis, 21 Oktober 2021 | 22:00
Ilustrasi cara investasi di BRI Syariah
iStockphoto

Ilustrasi cara investasi di BRI Syariah

CERDASBELANJA.ID - Bagi yang masih pemula di bidang investasi, ada berbagai instrumen investasi yang bisa dipilih, salah satunya adalah investasi reksadana pasar uang.

Mengapa investasi reksadana pasar uang cocok untuk investor pemula?Tentu saja ada berbagai hal yang melatarbelakanginya.

Pertama, reksa dana pasar uang adalah jenis reksa dana yang sangat minim risiko.

Kenapa reksa dana pasar uang bisa minim risiko?

Dikutip Kompas.com dari laman resmi Bursa Efek Indonesia (BEI), reksadana pasar uang adalah jenis reksadana yang instrumen investasinya ditujukan pada efek bersifat utang dengan jatuh tempo kurang dari 1 tahun.

Nah, efek yang dimaksud itu antara lain deposito berjangka, sertifikat deposito, Sertifikat Bank Indonesia, obligasi perusahaan komersial, dan sebagainya.

Baca Juga: Para Investor Pemula, Kenali Jenis-jenis Investasi yang Bisa Dicoba

Karena ditempatkan di deposito dan surat utang jangka pendek, maka cara investasi reksadana pasar uang adalah jenis reksadana yang sangat minim risiko.

Namun, dalam investasi ada prinsip high risk high return.

Hal ini membuat peluang mendapatkan untung dari reksadana pasar uang adalah lebih kecil daripada jenis reksadana lainnya seperti reksadana saham dan reksadana campuran, yang memiliki risiko lebih tinggi.

Walaupun imbal hasilnya lebih kecil, keuntungan dari reksa dana pasar uang ini tetap lebih besar dari deposito.

"Sementara, produk ini secara karakter punya kemiripan dengan deposito, tapi imbal hasilnya bisa mengalahkan deposito," ujar Direktur Syailendra Capital Harnugama melalui keterangan tertulis, Rabu (14/07) dikutip dari TribunBisnis.

Source : Kompas.com, TribunBisnis.com

Editor : Presi

Baca Lainnya

Latest