Follow Us

Masa Pandemi, Tokopedia Ungkap Tingginya Jumlah Pegiat UMKM Perempuan

Wulan - Kamis, 16 September 2021 | 22:00
Riset menunjukkan jumlah pegiat UMKM perempuan lebih tinggi daripada laki-laki
Dok. Tokopedia

Riset menunjukkan jumlah pegiat UMKM perempuan lebih tinggi daripada laki-laki

CERDASBELANJA.ID – Pandemi menjadi momentum untuk memulai usaha daring. Data Tokopedia menunjukkan, ada penambahan jumlah penjual di platform-nya selama pandemi sebesar 3,7 juta.

Berdasarkan jumlah sebelumnya 7,3 juta (Februari 2020, sebelum pandemi) menjadi lebih dari 11 juta (Juni 2021).

Head of Category Development (Fashion) Tokopedia Falah Fakhriyah mengatakan, riset LPEM FEB UI 2020 mengungkap bahwa jumlah perempuan pegiat UMKM yang memulai bisnis dari nol lewat Tokopedia selama pandemi cukup tinggi.

Baca Juga: Tokopedia Ungkap Skincare Paling Diburu Selama Q2/2021, Wajib Catat!

“Jumlahnya hampir 1,5x lipat lebih tinggi dibandingkan jumlah laki-laki,” ungkap Falah dalam keterangannya, Kamis (16/9).

Di kategori Makanan dan Minuman, Prima Hayuningputri dan Anika Miranti adalah contoh perempuan pegiat UMKM yang memulai bisnis di tengah pandemi lewat Tokopedia.

Usaha mereka Mad Bagel mengalami peningkatan penjualan hampir 4x lipat berkat mengikuti Tokopedia Nyam.

Dakara Indonesia, VIVIZUBEDI, Ederra Indonesia, NRHxNabilia merupakan contoh lain bisnis yang juga didirikan perempuan-perempuan pegiat UMKM lokal penggerak kategori Fesyen di Tokopedia.

Mereka mengaku merasakan dampak dari pemanfaatan platform digital Tokopedia, salah satunya dengan mengikuti kampanye, seperti Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Muslim Fash Forward.

Dakara Indonesia mengalami kenaikan transaksi lebih dari 2x lipat setelah mengikuti kampanye Hari BBI 2021.

Baca Juga: Rayakan Hari Olahraga, Catat 5 Cara Zumba untuk Pemula ala Tokopedia

Sementara itu, omzet VIVIZUBEDI meningkat 3x lipat sejak bergabung di Tokopedia.

Editor : Presi

Baca Lainnya

Latest