Follow Us

Mulai Minggu Depan, Pemerintah akan Bagikan Obat Covid-19 ke Warga

Wulan - Selasa, 13 Juli 2021 | 11:00
Obat Covid-19 akan dibagikan secara gratis
Freepik.com

Obat Covid-19 akan dibagikan secara gratis

CERDASBELANJA.ID – Mulai pekan depan, Presiden Joko Widodo berencana akan membagikan paket obat-obatan kepada pasien Covid-19 yang kurang mampu.

Untuk mempersiapkan hal ini, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan melakukan rapat koordinasi virtual pada hari Minggu (11/07).

“Minggu depan mudah-mudahan sudah lebih baik (soal ketersediaan obat-obatan bagi penderita Covid-19)," ujar Luhut dikutip dalam keterangannya, Senin (12/7).

Baca Juga: Dibuka Jadi RS Penanganan Covid-19, Ini Syarat Dirawat di Asrama Haji

Luhut menjelaskan, syarat untuk mendapatkan bantuan obat perawatan untuk pasien Covid-19 dari pemerintah adalah dengan menunjukkan hasil tes swab PCR.

“Saran saya, nanti 2.200 dokter yang direkrut dan dikoordinasi oleh Pak Tugas (Kapuskes TNI) dipimpin Panglima TNI, bisa atur semua alur ini,” lanjutnya.

Di sisi lain, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengusulkan agar melakukan finalisasi jenis paket obat-obatan tersebut.

"Kita perlu finalisasi lagi terkait paketnya karena belum sinkron dengan organisasi profesi dokter, jangan sampai terjadi resistensi terkait paket obat ini,” tegas Budi.

Panglima TNI Hadi Tjahjanto menyatakan, pihaknya siap untuk menyusun mekanisme pencatatan, penyaluran, dan sosialisasi obat-obatan tersebut.

“Untuk kecamatan dan desa, kami tentu akan terus berkoordinasi dengan dokter dan bidan desa untuk mengedukasi pasien, dan Babinsa juga nanti akan membantu,” ujar Panglima TNI.

Baca Juga: Cara Buka Rekening Line Bank dan Bisa Dapat Bonus Rp150 Ribu

Deputi Bidang Koordinasi Investasi dan Pertambangan Kemenko Marves Septian Hario Seto menyebutkan, sasaran distribusi obat-obatan ini adalah pasien Covid-19 yang menjalankan isolasi mandiri.

Editor : Cerdas Belanja

Baca Lainnya

Latest