CERDASBELANJA.ID – Kurangnya pemahaman konsumen terkait prosses pembayaran COD (cash on delivery) bisa merugikan banyak pihak.
Sebagai konsumen yang bijak, yuk lebih paham terkait regulasi yang tepat untuk belanja online dengan metode pembayaran COD.
Nah saat kita membeli barang tapi tak sesuai dengan yang dideskripsikan toko, tetap bayar terlebih dahulu barang tersebut.
Baca Juga: Cara Bayar Investasi Reksa Dana Online Bareksa Pakai LinkAja, Mudah!
Setelah itu, kita bisa mengajukan pengembalian barang yang dirasa tak sesuai dengan yang ada di foto.
Untuk yang belanja di Shopee Mall, barang bisa dikembalikan dengan melalui pengajuan yang memenuhi syarat dan ketentuan.
Yuk simak cara mengajukan pengembalian barang saat belanja di Shopee Mall berikut ini.
1. Klik “Saya”.
2. Klik “Dikirm” pada bagian “Pesanan Saya”.
3. Klik satu produk yang ingin diajukan pengembalian barang dan kita akan masuk ke halaman “Rincian Pesanan”.
Baca Juga: Cara Belanja Online di Zalora dengan Metode Pembayaran Pakai BCA
4. Klik “Ajukan Pengembalian”.
5. Klik “Alasan” dan pilih alasan yang sesuai dengan kondisi produk yang diterima.
6. Tambah foto dan berikan keterangan mengenai produk yang diterima untuk mendukung proses pengembalian kita, lalu pilih “Jasa Kirim” yang akan digunakan.
7. Pastikan alamat email yang kita gunakan merupakan email yang masih aktif.
8. Klik “Kirimkan” jika semua data yang dimasukan sudah sesuai.
9. Klik “Lihat Instruksi” untuk menemukan “Petunjuk Pengembalian”.
Baca Juga: Cara Mudah Belanja Online di Zalora dan Pilihan Metode Pembayarannya
Nah sudah lebih paham kan cara bijak belanja online, biar makin cerdas dan tak merugikan orang lain.(*)