Follow Us

Diblokir, Bank Mandiri Imbau Ganti Kartu Debit Lama, Ini Alasannya

Wulan - Jumat, 02 April 2021 | 16:00
Diblokir Hari Ini, Bank Mandiri Imbau Nasabah Ganti Kartu Debit Lama
Tribunnews.com

Diblokir Hari Ini, Bank Mandiri Imbau Nasabah Ganti Kartu Debit Lama

CERDASBELANJA.ID – Bank Mandiri mengimbau seluruh nasabah untuk segera mengganti kartu debitnya, dari magnetic stripe ke kartu debit chip.

Penggantian kartu debit ini, sejalan dengan kebijakan Bank Indonesia (BI) yang mewajibkan penggunaan kartu chip 100% mulai 1 Januari 2022.

Hal tersebut tertuang dalam Surat Edaran BI No.17/52/DKSP tentang Implementasi Standar Nasional Teknologi Chip dan Penggunaan Personal Identification Number Online 6 (Enam) Digit untuk Kartu ATM dan/atau Kartu Debit yang diterbitkan di Indonesia.

Baca Juga: Kendalikan Bank Swasta Terbesar, Ini Rahasia Sukses Bisnis Djarum

Direktur Jaringan dan Retail Banking Bank Mandiri Aquarius Rudianto menjelaskan, ada tujuan khusus dari aturan penggantian kartu debit magnetic stripe ke chip.

“Salah satu tujuan konversi kartu debit magnetic stripe ke chip ini, adalah untuk meminimalkan tindak kejahatan perbankan dengan modus pencurian data atau skimming,” ujar Aquarius dikutip dalam keterangannya, Kamis (1/4)

Aquarius menambahkan, untuk mempercepat proses konversi tersebut pihaknya akan menerapkan kebijakan penonaktifan kartu debit magnetic stripe secara bertahap.

Kebijakan ini pun telah disosialisasikan melalui website, akun resmi media sosial Bank Mandiri, serta materi promosi di cabang.

Tidak hanya itu, ada pula informasi di layar ATM, billboard elektronik, serta informasi blast melalui SMS dan WhatsApp kepada nasabah sejak awal tahun 2021.

Dia menjelaskan, kebijakan penonaktifan kartu debit magnetic stripe akan dilakukan dalam tiga tahap.

Baca Juga: Mau Pinjam Duit? Ini Dia Bunga Kredit Paling Murah dari 4 Bank BUMN

Tahap pertama, dimulai pada 1 April 2021 untuk kartu dengan expiry date 2021-2022. Tahap kedua, dimulai 1 Juni 2021 untuk kartu dengan expiry date 2023-2025.

Editor : Yunus

Baca Lainnya

Latest