CERDASBELANJA.ID – Memang bikin konten viral itu gampang-gampang susah, tapi justru di situ tantangannya.
Kita akan berusaha sekuat tenaga agar produk jualan kita laris, dengan bikin konten viral.
Yuswohady, pengamat branding dan marketing dari Inventure Indonesia memberikan tips cara bikin konten viral.
Baca Juga: Rekomendasi Produk Tokopedia agar Konten Lebih Menarik di Media Sosial
Kata Yuswohady, jangan abaikan 4 langkah penting di bawah ini saat bikin konten viral:
1. Baca Psikologis Masyarakat
Yuswohady ungkap memperhatikan psikologis masyarakat itu penting untuk membuat konten viral.
Misalnya begini, orang sedang ngomongin soal resesi, tapi kita malah membicarakan soal percintaan.
Tentunya, hal ini tidak akan menarik perhatian para audiens.
2. Sentuh Emosi Audiens
Saat membuat konten viral, kita memang harus memikirkan konten viral seperti apa yang kita buat.
Baca Juga: 7 Konten Kreator TikTok Terkaya Dunia, Raih Rp70 Miliar Setahun
Sebab, konten viral juga harus bisa menyentuh emosi audiens mau itu marah, sedih, bahagia, atau takjub.
Misalnya: Ini lho, rahasia mendapat omzet Rp100 juta per bulan, mau?
Bila membaca kalimat ini, kita akan merasa penasaran dan kagum sehingga kita mau mengikuti tips dan trik tersebut.
3. Tentukan Format Konten
Yuswodahy menjelaskan kalau format konten bisa menjadi penentu kita dilirik oleh audiens atau tidak.
Tentukan dulu, mau itu infografis, ilustrasi, atau video.
Baca Juga: 8 Trik Jualan di TikTok, Konten Zero to Hero dan Perhatikan Jam Tayang
Namun, Yuswohady menyarankan untuk memposting video dengan tulisan.
Kata Yuswohady, orang itu lebih merasa dekat saat melihat video. Tapi, video juga enggak cuma bikin video saja.
Tambahkan tulisan tentang yang sedang dibahas di dalam video, lalu bisa juga pakai caption. “Saya sudah riset, orang lebih suka konten video. Infografis juga bisa,” jelasnya.
4. Bisa Pakai TikTok
Tak bisa dimungkiri kalau platform TikTok juga sudah banyak membantu brand untuk meningkatkan penjualan.
Yuswohady pun sepakat akan hal ini, bahkan ia mengungkapkan TikTok cenderung lebih mudah membuat konten jadi viral.
Baca Juga: Lazada Ungkap 4 Rahasia Agar Produk Dibeli Pelanggan di E-Commerce
TikTok itu mudah membuat konten viral, sangat mudah. Jadi sekarang UMKM kan banyak di sana, cuma kita memang harus kreatif ya.
“Karena itu video juga formatnya, semakin kreatif akan semakin mudah viral,” kata Yuswohady.
Artikel ini pernah dimuat di Tabloid NOVA Edisi 1698. (*)