Follow Us

Tak Selalu Untung, Kenali 4 Macam Risiko Saat Berinvestasi Emas

Wulan - Selasa, 16 Februari 2021 | 15:00
Tidak Selalu Untung, Kenali 4 Macam Risiko Saat Berinvestasi Emas
iStockphoto

Tidak Selalu Untung, Kenali 4 Macam Risiko Saat Berinvestasi Emas

CERDASBELANJA.ID – Saat ini, emas menjadi salah satu instrumen investasi yang banyak diminati masyarakat, karena nilainya yang stabil dan aman.

Untuk itu, emas sangat cocok untuk digunakan sebagai investasi jangka panjang.

Meski demikian, emas tetaplah salah satu instrumen investasi dan tidak lepas dari adanya ancaman risiko yang menyertai.

Beberapa risiko yang umumnya dialami saat berinvestasi emas adalah sebagai berikut.

Baca Juga: Cara Cairkan Investasi Emas dengan Cepat di Pegadaian Digital

1. Perlu Tempat Penyimpanan Khusus

Dikarenakan logam mulia memiliki nilai yang tinggi, sudah sewajarnya kita perlu memiliki tempat khusus untuk menyimpan emas.

Apalagi, jika kita memiliki banyak emas batangan yang cukup memakan banyak tempat. Tidak jarang orang yang perlu safe deposit box untuk menyimpan emas ini.

Tak hanya tempat penyimpanan khusus, kita juga memerlukan pengamanan ekstra seiring semakin tingginya nilai investasi emas. Pilihlah brankas khusus dengan kombinasi kode rahasia yang hanya kita ketahui agar penyimpanan emas tetap aman.

2. Risiko Kehilangan

Apabila kita belum mampu memenuhi keamanan penyimpanan emas, maka risiko berikutnya yang dapat dialami dalam investasi emas adalah kehilangan emas tersebut. Apalagi, logam mulia ini kerap mengundang aksi pencurian atau bahkan perampokan.

Risiko kehilangan emas sangat erat kaitannya dengan keamanan tempat penyimpanan. Tidak jarang pencurian emas pun dapat terjadi meskipun penyimpanannya sudah di dalam brankas yang aksesnya sangat terbatas.

Editor : Yunus

Baca Lainnya

Latest