CERDASBELANJA.ID - Setiap orang harus beradaptasi dengan kenormalan baru di tengah pandemi covid-19 ini.
Hal itu juga berlaku bagi para pelaku bisnis grosir B2B (business-to-business).
Meski pandemi melanda, pelaku usaha grosir tentu harus tetap meningkatkan penjualan agar bisnis tetap bertahan.
Dikutip dariKompas.com,Patrick Vaz selaku Country Manager Zilingo memiliki 4 tips agar kita bisa meningkatkan penjualan bisnis grosir.
Baca Juga: Kunci Bisnis Dropship, Cepat Tanggapi Pembeli dan Komunikatif
1. Integrasikan e-commerce
Patrick mengatakan, bisnis grosir juga harus mengembangkan sayap dengan memanfaatkan platform online.
Kita bisa mendaftarkan bisnis grosir ke platform e-commerce sehingga pasar akan semakin luas.
“E-commerce memungkinkan pedagang grosir menawarkan katalog daring 24/7 yang dapat membuat pembeli tetap terlibat dan tertarik sembari membantu membangun minat konsumen terhadap produk baru Anda," ujar Patrick.
2. Dapatkan calon pelanggan yang lebih berkualitas
Selain mempertahankan pelanggan yang ada, kita juga perlu mencari pelanggan bru.
Salah satu strategi terbaik untuk mendapatkan pelanggan grosir baru adalah dengan menawarkan promosi dan kampanye khusus.
Patrick menyarankan agar kita menjalankan kampanye pemasaran yang sesuai dengan target pelanggan, termasuk menghilangkan kata kunci yang tidak relevan.
Baca Juga: Cara Bangun Bisnis Online dari Awal dengan Jitu, Jangan Salah Langkah
3. Pertimbangkan program rujukan dan izinkan pengecer melakukan dropship
Kita juga bisa memberikan insentif untuk pelanggan yang aktif menawarkan produk ke pelanggan baru, yang disebut program rujukan.
Selain itu, Patrick juga menyarankan agar pelaku bisnis mengizinkan pengecer online lainnya untuk membantu menjual produk. Pelanggan grosir dapat membeli produk kita dari situs web pengecer online dan kita mengirimkannya ke pelanggan mereka.
Kemudian, melalui program dropship, para pelaku bisnis juga bisa berkesempatan untuk bertemu dengan banyak pemilik toko online yang secara senang hati menjual produk kita.
4. Berikan layanan terbaik
Layanan pelanggan adalah salah satu hal penting dalam penjualan grosir.
Kita bisa mendorong tim untuk berkomunikasi dengan baik dan profesional dengan pelanggan.
Baca Juga: Keuntungan Bisnis Dropship, Tanpa Repot Stok dan Ngirim Produk
Selain itu, kita juga bisa sambil memotivasi tim untuk membuat keputusan yang mengutamakan kepuasan pelanggan.
"Perlakuan semacam ini akan sangat membantu dalam menciptakan pelanggan grosir yang setia dan bervolume lebih tinggi,” pungkas Patrick.(*)