Follow Us

Anti Wacana, Ini Cara Mewujudkan Resolusi Keuangan Jadi Kenyataan

Wulan - Senin, 08 Februari 2021 | 15:00
Anti Wacana, Simak Cara Mewujudkan Resolusi Keuangan Jadi Kenyataan
Pixabay

Anti Wacana, Simak Cara Mewujudkan Resolusi Keuangan Jadi Kenyataan

CERDASBELANJA.ID Ada banyak dari kita yang telah membuat resolusi keuangan di tahun baru ini.

Meski memiliki banyak rencana, tetapi di dalam aplikasinya tentu ada banyak tantangan dan hambatan tidak terduga.

Tidak jarang juga resolusi keuangan yang kita buat malah terasa membingungkan dan membebani kondisi finansial kita saat ini.

Mengutip dari Forbes, untuk mewujudkan resolusi keuangan menjadi kenyataan, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan.

Baca Juga: Jangan Salah, Ini 3 Langkah Penting Memulai Resolusi Keuangan

1. Tetapkan Tujuan dengan Jelas

Tidak sedikit dari kita yang membuat resolusi dengan tujuan yang tidak jelas. Contohnya, kita hanya menetapkan tujuan “ingin menghemat lebih banyak uang” atau “melunasi semua utang”. Beberapa tujuan yang tidak memiliki kejelasan itu telah menempatkan diri kita menuju kegagalan.

Untuk itu, demi mewujudkan resolusi keuangan, kita perlu menentukan tujuan dengan jelas. Beberapa formula yang dibutuhkan adalah tujuan yang spesifik, terukur, dapat dicapai, realistis, serta peka terhadap waktu.

Jadi, alih-alih menetapkan tujuan untuk “menghemat banyak uang” kita perlu menentukan besaran uang yang perlu dihemat. Misalnya “menghemat uang sebesar Rp20 juta sampai dengan akhir tahun”.

2. Tentukan Cara Investasi

Cara kedua adalah kita perlu menentukan bagaimana cara kita akan berinvestasi untuk mencapai setiap tujuan. Untuk tujuan yang akan didanai dalam lima tahun ke depan, kita tentunya ingin menyimpan uang kita di tempat yang aman.

Misalnya seperti rekening bank atau reksa dana pasar uang yang menghasilkan bunga cukup tinggi dan nilainya tidak berfluktuasi. Pasalnya, jika kita lebih memilih untuk berinvestasi saham tanpa mengerti cara kerjanya, maka kita hanya akan kehilangan uang kita dan berakhir tidak akan mendapatkan kembali uang tersebut pada saat kita butuh.

Source : Forbes

Editor : Cerdas Belanja

Baca Lainnya

Latest